Perpustakaan Desa di Kaur Ditambah 20 Unit

0

Perpustakaan keliling Kaur

kupasbengkulu.com – Untuk membangkitkan dan membudayakan minat baca masyarakat Perpustakaan dan Arsip Daerah (Perpusda) Kabupaten Kaur tidak hanya mendatangi desa dan sekolah-sekolah dengan bus keliling. Akan tetapi di desa-desa juga telah ada desa yang menyediakan buku untuk masyarakat yang disimpan di desa sebagai perpustakaan desa.

Saat ini desa yang telah mempunyai perpustakaan sendiri ada 40 desa dari 15 Kecamatan yang ada di Kabupaten Kaur. Dari 40 desa tersebut akan ada penambahan perpustakaan di 20 pada 2014 ini.

“Tahun 2014 ini akan ada penambahan 20 perpustakaan desa,” ujar Kepala Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Kaur, Ujang Syafiri, S.Pd, S.Ip, Rabu (11/6/2014).

Dikatakannya, buku-buku perpustakaan desa itu bantuan dari Provinsi Bengkulu. Dan untuk memenuhi kebutuhan para pembaca setiap 3 minggu atau 21 hari satu kali perpusda Kaur dengan mobil kelilingnya memberikan pinjaman kepada setiap desa.

“Untuk memenuhi kebutuhan pembaca kita setiap 21 hari satu kali memberikan pinjaman pada perpustakaan desa. Dan setiap 21 hari buku diambil dan digilir ke desa lainnya,” terang Ujang.

Selanjutnya untuk buku yang banyak diminati oleh warga yakni buku-buku tentang peternakan, perikanan, pertanian, dan perkebunan.(mty)