Jumat, Juni 24, 2022

Pidana Kurungan untuk Koordinator Gepeng

Baca selanjutnya

Kupas News, Kota Bengkulu – Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu melalui Dinas Sosial (Dinsos) akan menindak tegas pelaku yang mengkoordinir atau menjadi koordinator semua kegiatan anak jalanan di Kota Bengkulu.

Hal ini tercantum dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 7 tahum 2017 tentang penanganan anak jalanan, gelandangan dan pengemis pada pasal 21 ayat 2.

Kepala Dinas Sosial Rosminiarty menjelaskan pada perda ini menyebut setiap orang atau badan yang menyuruh atau memaksa orang lain melakukan kegiatan penggelandangan atau pengemisan sebagaimana di maksud dalam pasal 5 (larangan) dikenakan hukuman pidana.

Ditambahkan Rosminiarty perda tersebut menjadi acuan dasar hukum kepada siapapun yang telah atau dengan sengaja melakukan atau menjadi kordinator terhadap anak-anak jalanan, maka akan ditindak tegas dengan ganjaran pidana kurungan atau denda.

“Sesuai dengan Perda barang siapa yang mengkoordinir atau menjadi koordinator semua kegiatan anak jalanan maka ia terkena denda 50 juta dan hukuman penjara 6 bulan,” ungkap Kadinsos Rosminiarty, Rabu (8/6).

Selain itu, kata dia, pelarangan dimaksud dalam isi perda tersebut lebih kepada tindakan eksploitasi terhadap anak-anak untuk melakukan kegiatan sebagai anak jalanan dengan tujuan menguntungkan diri sendiri atau orang lain.

“Jadi sudah sangat jelas jika ada oknum yang coba-coba menjadi koordinator gepeng di Kota Bengkulu siap-siap menanti pidana kurungan,” tegasnya.

Lebih lanjut, Rosminiarty mengungkapkan akan menindak tegas para gepeng yang melarikan diri dari Rumah Singgah dengan cara membobol flapon dan terali.

“Ditakutkan disini para gepeng yang mencoba kabur telah dikoordinir oleh salah satu oknum. Namun sejauh ini kita belum menemukan koordinator dari anak jalanan tersebut,” demikian Rosminiarty.

Editor: Iman Sp Noya

Selamat Datang Airlangga

Kupas Artikel - Ucok mengangkat telepon dengan nada tergesa-gesa. Ia mungkin sangat terkejut tumben-tumben saya menelpon. “Siap bos” tutur Ucok menyambut telepon saya. Beberapa...

Bengkulu Tuan Rumah Open Swimming Championship 2022 se-Sumatera

Kupas News, Bengkulu - Gubernur Rohidin Mersyah membuka kejuaraan Bengkulu Open Swimming Championship se Sumatera Tahun 2022 di Kolam Renang Rafflesia Kota Bengkulu, Jum'at...

Wagub Rosjonsyah Terima Kunjungan Eks Gubernur Jabar

Kupas News, Bengkulu - Wakil Gubernur (Wagub) Bengkulu Rosjonsyah menerima audiensi mantan Gubenur Jawa Barat Ahmad Heryawan dalam rangka investasi di bidang Kopi Bengkulu...

JMSI Apresiasi Kesepakatan Dewan Pers dan Polri Cegah Polarisasi Pemilu 2024

Kupas News, Jakarta – Organisasi perusahaan pers Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) menyambut baik kesepakatan Dewan Pers dan Mabes Polri untuk memitigasi polarisasi yang...

Polemik PT. Pamor Ganda Kian Panas, DPW LIRA dan Perwakilan Masyarakat Temui GTRA Bengkulu

Kupas News, Bengkulu - Konflik warga Ketahuan vs PT Pamor Ganda belum tuntas, Gubernur Rohidin meminta para pihak terkait melakukan validasi data penerima kebun...

Terbaru