Senin, Oktober 3, 2022

Pidana Kurungan untuk Koordinator Gepeng

Baca selanjutnya

Kupas News, Kota Bengkulu – Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu melalui Dinas Sosial (Dinsos) akan menindak tegas pelaku yang mengkoordinir atau menjadi koordinator semua kegiatan anak jalanan di Kota Bengkulu.

Hal ini tercantum dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 7 tahum 2017 tentang penanganan anak jalanan, gelandangan dan pengemis pada pasal 21 ayat 2.

Kepala Dinas Sosial Rosminiarty menjelaskan pada perda ini menyebut setiap orang atau badan yang menyuruh atau memaksa orang lain melakukan kegiatan penggelandangan atau pengemisan sebagaimana di maksud dalam pasal 5 (larangan) dikenakan hukuman pidana.

Ditambahkan Rosminiarty perda tersebut menjadi acuan dasar hukum kepada siapapun yang telah atau dengan sengaja melakukan atau menjadi kordinator terhadap anak-anak jalanan, maka akan ditindak tegas dengan ganjaran pidana kurungan atau denda.

“Sesuai dengan Perda barang siapa yang mengkoordinir atau menjadi koordinator semua kegiatan anak jalanan maka ia terkena denda 50 juta dan hukuman penjara 6 bulan,” ungkap Kadinsos Rosminiarty, Rabu (8/6).

Selain itu, kata dia, pelarangan dimaksud dalam isi perda tersebut lebih kepada tindakan eksploitasi terhadap anak-anak untuk melakukan kegiatan sebagai anak jalanan dengan tujuan menguntungkan diri sendiri atau orang lain.

“Jadi sudah sangat jelas jika ada oknum yang coba-coba menjadi koordinator gepeng di Kota Bengkulu siap-siap menanti pidana kurungan,” tegasnya.

Lebih lanjut, Rosminiarty mengungkapkan akan menindak tegas para gepeng yang melarikan diri dari Rumah Singgah dengan cara membobol flapon dan terali.

“Ditakutkan disini para gepeng yang mencoba kabur telah dikoordinir oleh salah satu oknum. Namun sejauh ini kita belum menemukan koordinator dari anak jalanan tersebut,” demikian Rosminiarty.

Editor: Iman Sp Noya

Polisi Tangkap 3 Orang Resepsionis Kafe yang Terlibat Perdagangan Anak

Kupas News, Kota Bengkulu - 3 orang pelaku dugaan perdagangan orang atau eksploitasi seksual anak dibawah umur ditangkap Satreskrim Polres Bengkulu, Minggu (2/10) dinihari. Dari...

Presiden dan MK Harus Menolak Intervensi Penggantian Hakim Aswanto

Kupas Bengkulu - Peristiwa pemberhentian Hakim Konstitusi Aswanto yang kemudian memunculkan nama Guntur Hamzah selaku penggantinya oleh Komisi III DPR RI tidak melalui mekanisme...

Rizky Billar Akan Diperiksa Polisi Pekan Depan Kasus Dugaan KDRT

Kupas News, Jakarta – Merebak kabar tak sedap ditengah masyarakat khususnya pecinta musik dangdut Indonesia, dimana telah terjadi insiden kekerasan dalam rumah tangga (KDRT)...

Longsor Hantam Rumah Warga di Seluma Akibat Curah Hujan Tinggi

Kupas News, Seluma - Akibat curah hujan tinggi sejak siang hingga malam yang mengguyur wilayah Kabupaten Seluma menyebabkan beberapa rumah mengalami longsor dan terendam...

Solusi Digital untuk Merchant di Indonesia Hasil Kolaborasi BRI dan Majoo

Kupas News, Jakarta - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI berkolaborasi dengan PT Majoo Teknologi Indonesia (Majoo) untuk memudahkan transaksi non tunai...

Terbaru