Rabu, Juni 29, 2022

Polres Kaur Periksa Dua Kades Kasus Pungli Dana Hibah Kemenpora

Baca selanjutnya

Kupas News – Penyidik tindak pidana korupsi (Tipikor) Satreskrim Polres Kaur, upayakan mengungkap dugaan tindak pidana pungli/korupsi dana hibah Kemenpora tahun 2018.

Kapolres Kaur Polda Bengkulu AKBP Dwi Agung Setyono melalui Kasat Reskrim IPTU Indro Witayuda Prawira, Selasa (23/11) membenarkan bahwa pihaknya telah melakukan pemeriksaan terhadap dua Kades yang menjabat ditahun 2018 saat bantuan itu dikucurkan.

Berdasarkan hasil keterangan sementara, diketahui adanya setoran tunai kepada staf Kemenpora dari proyek pembangunan gedung olahraga (GOR) mini sebesar Rp54 juta dari pagu Rp170 juta.

“Dari pemeriksaan kemarin, setoran dimaksud bertujuan untuk pekerjaan pembangunan fasilitas olahraga. Ini agar berjalan hingga selesai dari sisa dana pembangunan yang telah di setor ke staf Kemenpora .” jelas Kapolres.

Menurut Kapolres Kaur sampai saat ini sudah berapa pihak yang menjalani pemeriksaan dalam perkara dugaan Pungli dana Menpora. Ini menyusul laporan terdakwa Musihirin (staf Kemenpora RI) yang sudah menjalani hukuman dalam perkara yang ditangani Polres Kaur.

“Hanya beberapa desa lagi yang belum kita periksa, kita akan rampungkan segera, tadi ada desa di Kecamatan Nasal yang kita periksa. Juga besok ada beberapa saksi akan kita periksa,” tegasnya.

Untuk diketahui, pungli pada pembangunan 4 unit GOR mini serta 10 unit lapangan voli di beberapa desa di Kabupaten Kaur. Dana yang dikucurkan Kemenpora yakni sebesar Rp 2,4 miliar dengan pungutan bervariasi.

Musihirin sendiri pasca diputus bersalah sempat mengajukan banding namun putusan banding menguatkan putusan PN Tipikor. Tidak terima Musihirin juga sempat mengajukan kasasi namun kasasinya ditolak dan terpaksa menjalani hukuman 4 tahun 10 bulan dan saat ini sedang menjalani Pembebasan Bersyarat (PB).

Editor: Irfan Arief

Gubernur Rohidin Berikan Orasi Ilmiah di Wisuda Universitas Terbuka

Kupas News, Kota Bengkulu - Salah satu tugas terberat lembaga pendidikan saat ini adalah mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang produktif, berkualitas dan berdaya...

Kontes Bonsai Polda Bengkulu Meriahkan HUT Bhayangkara Ke-76

Kupas News, Kota Bengkulu – Polda Bengkulu menggelar kontes dan pameran bonsai dalam rangka menyambut HUT Bhayangkara ke-76 Tahun 2022. Bertempat di Mapolda Bengkulu,...

Wagub Rosjonsyah Hadiri Pengukuhan Pengurus APKASINDO Bengkulu

Kupas News, Bengkulu – Wakil Gubernur (Wagub) Bengkulu Rosjonsyah berharap harga Tandan Buah Segar (TBS) kembali normal. Hal ini disampaikan Wagub Rosjonsyah saat menghadiri...

Pemprov Bengkulu Gelorakan Semangat War On Drugs di HANI 2022

Kupas News, Kota Bengkulu – Sebagai bentuk kepedulian dan keprihatinan dunia internasional terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika, momentum Puncak Peringatan Hari Anti Narkotika...

Lomba Tenis Meja Polairud Bengkulu Resmi Ditutup

Kupas News, Kota Bengkulu - Lomba tenis meja yang digelar Polairud, Polda Bengkulu resmi ditutup. Ajang yang digelar dalam rangka menyambut HUT Bhayangkara ke-76...

Terbaru