Senin, Oktober 2, 2023

Selama Ramadan Volume Sampah di Kota Bengkulu Naik 10 Persen

Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Baca selanjutnya

Kupas News, Kota Bengkulu – Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bengkulu Medy Pebriansyah memperkirakan volume sampah selama ramadan 2022 akan meningkat.

Estimasi dari DLH berdasarkan jumlah penduduk saat ini, mencapai kisaran 765 kubik. Sedangkan yang tertangani kurang lebih sebanyak 485 kubik yang masuk ke tempat pembuangan akhir (TPA).

Di bulan ramadan, kata Medy, memang ada peningkatan jumlah sampah mengingat berbagai aktivitas berjualan santapan berbuka puasa dimana-mana atau sampah rumah tangga, tetapi tidak begitu signifikan.

“Memang ada kenaikan, namun tidak begitu signifikan. Kurang lebih dari estimasi lonjakan sampah di bulan suci ramadan ini kurang lebih 10 persen. Kenaikan sampah-sampah domestik yakni sampah rumah tangga, jadi kurang lebih kalau kita beranggapan 10 persen, per harinya itu ditotalkan bisa menjadi 533,5 kubik perhari,” jelas Medy.

Mengatasi hal ini, DLH melakukan berbagai langkah dengan sigap dalam menangani sampah.

“Kami secara rutin dan sigap selalu menangani sampah di dalam bulan puasa ini. Titik-titik TPS seluruh kewenangan terkait oleh DLH selalu dikerjakan dengan maksimal dan kalau bisa tidak ada disisakan sama sekali,” tambahnya.

Medy juga menjelaskan, ada beberapa jenis sampah yang meningkat selama ramadan. Rata-rata sampah bekas sisa pembuangan bungkus santapan buka puasa.

“Itu rata-rata sampah untuk berbuka puasa contohnya sampah batok kelapa, terus bekas ampas tebu, dan dan makanan-makanan untuk berbuka puasa. Namun di bulan suci ramadan ini kemungkinan yang lebih dahsyat lagi meningkatnya ialah menjelang hari raya idul fitri. Itu kenaikannya bisa mencapai 15 persen dari jumlah biasanya,” ujarnya.

Mensiasati kenaikan sampah ini, tim DLH berupaya berlakukan kerja lembur dalam pengambilan sampah.

“Kami pasti akan lembur, sepertinya di satu titik TPS yang mana sampahnya meningkat jadi tadinya hanya 1 rit kami buat 2 rit. Menjelang lebaran, kenaikan signifikan itu pasti terjadi di pasar-pasar,” ucap Medy.

Harapannya, saat idul fitri nanti kondisi di Kota Bengkulu sudah bersih. “Di hari H lebaran mungkin kita juga melakukan pengangkutan sampah-sampah yang kurang sedap dipandang dibeberapa tempat,” tutupnya. (Rilis/Media Center Kota Bengkulu).

Editor: Alfridho Ade Permana

Pemuda Pancasila Mukomuko Datangi Kesbangpol Daftarkan Pengurus Baru

Adhika Kusuma Saputra, Ketua MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Mukomuko, Foto: DokKupas News - Usai menggelar musyawarah cabang beberapa waktu lalu, Majelis Pimpinan Cabang Pemuda...

Kominfo Sukseskan Program Pemkot Salurkan Sapi untuk Masyarakat

Kupas News, Kota Bengkulu – Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyalurkan satu ekor sapi kurban kepada masyarakat yang dalam...

Songsong Kepemimpinan Berintegritas Era Society 5.0, Sespimma Lemdiklat Polri Gelar Seminar Sekolah

Kupas News – Untuk meningkatkan kemampuan kepemimpinan yang berintegritas dalam mempersiapkan pemimpin Polri di Era Society 5.0, Sespimma Sespim Lemdiklat Polri akan menggelar seminar...

Rombongan Gubernur Rohidin Laksanakan Sholat Idhul Adha di Alun-alun Kota Tais

Kupas News, Seluma - Gubernur Rohidin Mersyah beserta istri melaksanakan sholat Iduladha 1444 H di Alun-alun Kota Tais, Kabupaten Seluma, Rabu (28/06/2023). Sekira pukul 06.30...

Dishub Kota Bengkulu Pasang Rambu Larangan Truk Bermuatan Besar Melintas

Kupas News, Kota Bengkulu - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bengkulu memasang rambu melintas kendaraan bermuatan besar atau truk tonase besar di jalan Hibrida. Perbaikan...
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Terbaru