Senin, Agustus 15, 2022

Selama Ramadan Volume Sampah di Kota Bengkulu Naik 10 Persen

Baca selanjutnya

Kupas News, Kota Bengkulu – Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bengkulu Medy Pebriansyah memperkirakan volume sampah selama ramadan 2022 akan meningkat.

Estimasi dari DLH berdasarkan jumlah penduduk saat ini, mencapai kisaran 765 kubik. Sedangkan yang tertangani kurang lebih sebanyak 485 kubik yang masuk ke tempat pembuangan akhir (TPA).

Di bulan ramadan, kata Medy, memang ada peningkatan jumlah sampah mengingat berbagai aktivitas berjualan santapan berbuka puasa dimana-mana atau sampah rumah tangga, tetapi tidak begitu signifikan.

“Memang ada kenaikan, namun tidak begitu signifikan. Kurang lebih dari estimasi lonjakan sampah di bulan suci ramadan ini kurang lebih 10 persen. Kenaikan sampah-sampah domestik yakni sampah rumah tangga, jadi kurang lebih kalau kita beranggapan 10 persen, per harinya itu ditotalkan bisa menjadi 533,5 kubik perhari,” jelas Medy.

Mengatasi hal ini, DLH melakukan berbagai langkah dengan sigap dalam menangani sampah.

“Kami secara rutin dan sigap selalu menangani sampah di dalam bulan puasa ini. Titik-titik TPS seluruh kewenangan terkait oleh DLH selalu dikerjakan dengan maksimal dan kalau bisa tidak ada disisakan sama sekali,” tambahnya.

Medy juga menjelaskan, ada beberapa jenis sampah yang meningkat selama ramadan. Rata-rata sampah bekas sisa pembuangan bungkus santapan buka puasa.

“Itu rata-rata sampah untuk berbuka puasa contohnya sampah batok kelapa, terus bekas ampas tebu, dan dan makanan-makanan untuk berbuka puasa. Namun di bulan suci ramadan ini kemungkinan yang lebih dahsyat lagi meningkatnya ialah menjelang hari raya idul fitri. Itu kenaikannya bisa mencapai 15 persen dari jumlah biasanya,” ujarnya.

Mensiasati kenaikan sampah ini, tim DLH berupaya berlakukan kerja lembur dalam pengambilan sampah.

“Kami pasti akan lembur, sepertinya di satu titik TPS yang mana sampahnya meningkat jadi tadinya hanya 1 rit kami buat 2 rit. Menjelang lebaran, kenaikan signifikan itu pasti terjadi di pasar-pasar,” ucap Medy.

Harapannya, saat idul fitri nanti kondisi di Kota Bengkulu sudah bersih. “Di hari H lebaran mungkin kita juga melakukan pengangkutan sampah-sampah yang kurang sedap dipandang dibeberapa tempat,” tutupnya. (Rilis/Media Center Kota Bengkulu).

Editor: Alfridho Ade Permana

Kanwil Kemenkumham Bengkulu Sosialisasikan Kekayaan Intelektual Manusia

Kupas News, Bengkulu – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kakanwil Kemenkumham) Provinsi Bengkulu Erfan mengatakan, kekayaan intelektual adalah hak yang...

54 Paskibraka Bengkulu Siap Kibarkan Merah Putih 17 Agustus Besok

Kupas News, Bengkulu – Setelah melalui seleksi dan pemusatan latihan, sebanyak 54 Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Provinsi Bengkulu Tahun 2022 dikukuhkan Gubernur Rohidin...

Garda Rafflesia Minta APH Usut Proses Lelang Puskesmas Pondok Suguh

Kupas News, Bengkulu – Proses lelang Renovasi-Penambahan Ruang Persalinan Puskesmas Pondok Suguh Tahun 2022 di Dinas Kesehatan Mukomuko turut menjadi perhatian aktivis lembaga swadaya...

Polisi Temukan 24 Paket Ganja Dikontrakan Warga Kebun Ros

Kupas News, Kota Bengkulu - Prestasi ditorehkan kembali oleh Ditresnarkoba Polda Bengkulu yang berhasil mengungkap penyalahgunaan Narkoba dengan menangkap seorang tersangka berinisial MO (37)...

Kejuaraan Tenis Meja Bengkulu Resmi Ditutup

Kupas News, Bengkulu - Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah secara resmi menutup Kejuaraan Tingkat Provinsi Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) Tahun 2022 sekaligus menyerahkan...

Terbaru