Sabtu, Desember 3, 2022

Selama Ramadan Volume Sampah di Kota Bengkulu Naik 10 Persen

Baca selanjutnya

Kupas News, Kota Bengkulu – Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bengkulu Medy Pebriansyah memperkirakan volume sampah selama ramadan 2022 akan meningkat.

Estimasi dari DLH berdasarkan jumlah penduduk saat ini, mencapai kisaran 765 kubik. Sedangkan yang tertangani kurang lebih sebanyak 485 kubik yang masuk ke tempat pembuangan akhir (TPA).

Di bulan ramadan, kata Medy, memang ada peningkatan jumlah sampah mengingat berbagai aktivitas berjualan santapan berbuka puasa dimana-mana atau sampah rumah tangga, tetapi tidak begitu signifikan.

“Memang ada kenaikan, namun tidak begitu signifikan. Kurang lebih dari estimasi lonjakan sampah di bulan suci ramadan ini kurang lebih 10 persen. Kenaikan sampah-sampah domestik yakni sampah rumah tangga, jadi kurang lebih kalau kita beranggapan 10 persen, per harinya itu ditotalkan bisa menjadi 533,5 kubik perhari,” jelas Medy.

Mengatasi hal ini, DLH melakukan berbagai langkah dengan sigap dalam menangani sampah.

“Kami secara rutin dan sigap selalu menangani sampah di dalam bulan puasa ini. Titik-titik TPS seluruh kewenangan terkait oleh DLH selalu dikerjakan dengan maksimal dan kalau bisa tidak ada disisakan sama sekali,” tambahnya.

Medy juga menjelaskan, ada beberapa jenis sampah yang meningkat selama ramadan. Rata-rata sampah bekas sisa pembuangan bungkus santapan buka puasa.

“Itu rata-rata sampah untuk berbuka puasa contohnya sampah batok kelapa, terus bekas ampas tebu, dan dan makanan-makanan untuk berbuka puasa. Namun di bulan suci ramadan ini kemungkinan yang lebih dahsyat lagi meningkatnya ialah menjelang hari raya idul fitri. Itu kenaikannya bisa mencapai 15 persen dari jumlah biasanya,” ujarnya.

Mensiasati kenaikan sampah ini, tim DLH berupaya berlakukan kerja lembur dalam pengambilan sampah.

“Kami pasti akan lembur, sepertinya di satu titik TPS yang mana sampahnya meningkat jadi tadinya hanya 1 rit kami buat 2 rit. Menjelang lebaran, kenaikan signifikan itu pasti terjadi di pasar-pasar,” ucap Medy.

Harapannya, saat idul fitri nanti kondisi di Kota Bengkulu sudah bersih. “Di hari H lebaran mungkin kita juga melakukan pengangkutan sampah-sampah yang kurang sedap dipandang dibeberapa tempat,” tutupnya. (Rilis/Media Center Kota Bengkulu).

Editor: Alfridho Ade Permana

JMSI Tetapkan Tiga Pemenang Lomba Video Pendek Wisata Bengkulu

Kupas News, Kota Bengkulu – Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Bengkulu berkerjasama dengan BDF Creator menggelar lomba video pendek dalam rangka menyemarakan HUT Provinsi...

LIRA Bengkulu Surati Komisi I Panggil Manajemen PT. Pamor Ganda

Kupas News, Kota Bengkulu  – PT. Pamor Ganda hingga saat ini belum merealisasikan 6 poin kesepakatan atas pemenuhan tuntutan 3 desa penyangga. Kesepakatan ini...

Dua Pengedar Ganja Asal Kota Bengkulu Diringkus Polisi

Kupas News, Kota Bengkulu – Subdit I ditresnarkoba polda Bengkulu berhasil meringkus dua orang pengedar narkoba jenis ganja dengan barang bukti 10 paket ganja...

Petugas Damkar Berhasil Jinakan Api yang Melahap Tiga Ruko di Tanah Patah

Petugas pemadam kebakaran saat memadamkan api di Tanah Patah Kota Bengkulu, Kamis, 1 Desember 2022, Foto: Dok/Irfan Arief Kupas News, Kota Bengkulu - Peristiwa kebakaran...

Modus Politik Uang Melalui Dompet Digital pada Pemilu 2024

Oleh : Elfahmi Lubis* Ditengah persiapan teknis menyongsong pelaksanaan Pemilu 2024, berbagai potensi kerawanan tengah diidentifikasi. Dengan harapan berbagai bentuk kecurangan pada Pemilu sebelumnya bisa...
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Terbaru