Sensasi Melompat dari Atas Air Terjun Langan Bungin

0
75
Air Terjun Langan Bungin, Kabupaten Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu.
Air Terjun Langan Bungin, Kabupaten Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu.
Air Terjun Langan Bungin, Kabupaten Bengkulu Tengah, Provinsi Bengkulu.

kupasbengkulu.com – Libur di akhir pekan ini, apakah anda sudah menentukan tempat untuk refreshing ? Bila memerlukan tempat refreshing, dengan pemandangan yang indah, mungkin air terjun pendek di Desa Langan Bungin Kecamatan Talang Empat, Bengkulu Tengah ini bisa menjadi tempat yang tepat.

Tinggi air terjun ini hanya 150 centimeter (cm), sedangkan air di bawahnya sekitar 2 meter, sehingga andapun bisa melompat dari atas air terjun untuk merasakan sensasi olahraga ‘lompat indah’. Bila tidak bisa berenang, tenang saja. Di atas air terjun, ke dalaman air hanya 1 meter saja. Lantainya dibuat oleh alam dari batu Napal, sehingga terasa benar seperti di kolam renang.

Tetapi, untuk mencapai tempat ini, diperlukan pengorbanan yang cukup besar, loh! Dari Kota Bengkulu, ada dua alternatif jalan yang bisa ditempuh. Pertama, bisa lewat Desa Air Sebakul, kemudian lurus saja hingga ke Desa Langan Bungin, dengan jarak tempuh sekitar 24 km dari pusat kota.

Bisa juga, melewati Desa Kembang Sri, kemudian berbelok melewati Desa Taba Lagan. Dari simpang tiga Taba Lagan, lurus saja hingga 2 km hingga tiba di Pabrik Batu Bara. Dari pabrik tersebut, tinggal 500 meter lagi, kok.

Lebih disarankan banyak bertanya, karena jalan menuju lokasi air terjun hampir ‘tersembunyi’ dan hanya bisa dilewati oleh sepeda motor. Tetapi bila membawa mobil, parkirkan saja di depan jalan, karena masuk ke dalam hanya tinggal berjalan kaki sekitar 20 meter saja.

Suasana di air terjun ini masih begitu alami. Bila sore hari, warga sekitar menggunakan tempat ini sebagai tempat mandi, mencuci pakaian bahkan mencuci sepeda motor. Disarankan untuk berangkat di pagi hari, terutama hari libur.

Ketika kupasbengkulu.com menyambangi tempat ini, Kamis (15/5/2014), suasana di air terjun pendek ini sudah sangat ramai. Banyak pendatang berasal dari Karang Tinggi, Taba Penanjung, Kota Bengkulu, maupun warga setempat. Salah satu pendatang yang ditemui kupasbengkulu.com, Trisno (25) mengaku sering datang ke tempat ini diakhir pekan.

“Kami biasanya datang kesini pasti mandi, kemudian hal yang paling spesial di tempat ini adalah sensasi melompat dari atas air terjun,” papar Trisno.

Selain itu, tidak ada biaya untuk dapat menuju ke air terjun ini. Tidak ada pungutan liar, tidak ada tarif parkir dan lain-lain. Karena tidak ada tarif parkir, berarti harus lebih awas terhadap kendaraan anda, terutama helm. Jelas saja, karena tidak ada keamanan juga tidak ada penjaga parkir. Terlihat jelas bahwa tempat yang berpotensi besar sebagai tempat wisata ini benar-benar tidak terkena sentuhan Pemerintah.

Tempat yang bernuansa begitu alami, bisa bermain air sepuasnya, bisa refreshing dan tidak ada pungutan biaya. Bagaimana? Tertarik berkunjung ke air terjun Langan Bungin ini?(vai)