Senin, Februari 26, 2024

Telah Disetujui Kemendagri, 9 Desa di Kaur Segera Dimekarkan

Telah Disetujui Kemendagri, 9 Desa di Kaur Segera Dimekarkan

Tue, 01/16/2024 – 13:02

Gubernur Rohidin serahkan Nomor Registrasi Desa Pemekaran di Kabupaten Kaur, Selasa, 16 Januari 2024, Foto: Dok

Kupasbengkulu.com – Kemendagri telah menyetujui usulan pemekaran 9 desa di Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu. Hal itu ditandai dengan telah keluarnya Nomor Register Desa Persiapan Pemekaran yang diserahkan langsung Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah,

“Ini Nomor Register sudah disetujui oleh Mendagri, ini belum jadi desa tapi nomor register desa sudah ada. Bagaimana caranya menjadi desa definitif? Kelayakan struktur lembaga desa, admintrasi desa, peta desa, data monografi desa itu dibuat” kata Gubernur Rohidin di Kantor Camat Muara Sahung, Kabupaten Kaur, Selasa, (16/01/2024.

Adapun 9 desa yang menerima Nòmor Register yakni Desa Mekar Jaya, Desa Makmur Jaya, Desa Kuliak Sialang, Desa Datar Selepah, Desa Pematang Salimi, Desa Trans Kedataran Pematang Danau, Desa Sido Makmur, Desa Sinar Bandung, dan Desa Air Nunung.

Gubernur Rohidin menekankan kepada 9 desa yang sudah menerima nomor register tersebut dapat melengkapi struktur kelembagaan desa secepat mungkin agar kedepan dapat menjadi desa definitif.

“Seluruh persyartan itu saya minta ini harus dilengkapi supaya menjadi desa definitive. Prinsipnya apabila sudah menjadi desa definitif nanti kita harapkan pelayanan (di desa) akan menjadi lebih baik,” kata Gubernur Rohidin. 

Asisten III Pemkab Kaur, Herwan mengungkapkan, keluarnya nomor register ini merupakan langkah awal menuju desa definitif. “Ini baru persiapan untuk definitif, butuh waktu juga maka kita terus berjuang. Alhamdulillah kawan-kawan sudah menerima persiapan nomor register ini,” ungkap Herwan.

Sementara itu, Ketua Presedium Desa Persiapan Pemekaran Sinar Bandung, Kecamatan Muara Sahung, Tasulissani mengapresiasi dukungan Gubernur Rohidin dalam pemekaran desa di Kabupaten Kaur.

“Alhamdulilah hari ini 9 desa sudah terima nomor register desa persiapan pemekaran dan langsung diberikan oleh gubernur. Kita sangat mengapresiasi,” kata Tasulissani.

Pada kesempatan itu, Gubernur Rohidin juga menyerahkan penghargaan kepada 6 Desa Mandiri di Kabupaten Kaur dan bantuan pemerintah berupa buku bacaan serta Al-Qur’an untuk Desa Muara Sahung.

Editor: Miko Apriansyah

Desa Kita 

Related

Lawakan Felix Seda yang Lecehkan Najwa Sihab Berakhir Minta Maaf

Lawakan Felix Seda yang Lecehkan Najwa Sihab Berakhir Minta...

Kalah dari Jepang, Indonesia Masih Berpeluang Lolos ke Babak 16 Besar Jika Ini Terjadi

Kalah dari Jepang, Indonesia Masih Berpeluang Lolos ke...

Bawaslu Seluma Ingatkan Program Pemerintah Tidak Dijadikan Ajang Kampanye

Bawaslu Seluma Ingatkan Program Pemerintah Tidak Dijadikan Ajang Kampanye ...

Bawaslu Seluma Ingatkan Program Pemerintah Tidak Dijadikan Ajang Kampanye

Bawaslu Seluma Ingatkan Program Pemerintah Tidak Dijadikan Ajang Kampanye ...

DPMD Seluma Segera Tindaklanjuti Penguduran Diri Kades Kungkai Baru

DPMD Seluma Segera Tindaklanjuti Penguduran Diri Kades Kungkai Baru ...