Beranda DAERAH BENGKULU 788 Koperasi di Bengkulu Ditertibkan

788 Koperasi di Bengkulu Ditertibkan

0
Kadis Koperasi dan UMKM Kota Bengkulu, Erwan Syafrial
Kadis Koperasi dan UMKM Kota Bengkulu, Erwan Syafrial
Kadis Koperasi dan UMKM Kota Bengkulu, Erwan Syafrial

kupasbengkulu.com – Sebanyak 788 koperasi di Kota Bengkulu akan ditertibkan. Penertiban koperasi ini merupakan bagian dari sosialisasi dan pelaksanaan UU nomor 17 tahun 2012, tentang perkoperasian.

“Berdasarkan UU tersebut, di dalamnya mengatur pola perkoperasian yang dibagi dalam empat bidang, yakni koperasi produsen, konsumen, jasa, dan koperasi simpan pinjam. Oleh karena itu masing-masing koperasi sudah harus menyesuaikan anggaran dasarnya hingga batas akhir bulan Oktober 2015,” ujar Kadis Koperasi dan UMKM Kota Bengkulu, Erwan Syafrial, Senin (26/05/2014).

Dijelaskannya, langkah yang dilakukan ini sebagai upaya agar koperasi yang tidak aktif atau mati suri segera ditertibkan. Sehingga, pemerintah atau instansi terkait bisa fokus untuk membina dan mengembangkan koperasi yang aktif. Selain itu diharapkan agar koperasi kecil dapat bergabung sehingga dapat lebih besar dan berkembang.

“Kita berharap tidak ada lagi koperasi-koperasi yang mati suri atau tidak aktif. Kita ingin agar pertumbuhan ekonomi ini dapat terus meningkat salah satunya melalui koperasi,” katanya.

Sementara, dari 788 koperasi di Kota Bengkulu, 213 di antaranya sudah menerima dana bergulir dari APBD sebesar Rp 5.750.000. (val)