Bawaslu Provinsi Kabulkan Permohonan Pencermatan Hitung Ulang C1 Plano di 5 TPS Kaur

0

kupasbengkulu.com – Terkait dugaan penggelembungan suara, Caleg dari Partai Gerindra Abdul Karim mengajukan keberatan terhadap penetapan pleno KPUD nomor 21/Kpts/Kabupaten Kaur/tahun 2014 tentang rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara partai politik dan calon anggota DPR,DPD dan DPRD pada (21-4-2014) lalu.

Dalam permohonan itu Karim meminta KPUD Kaur untuk melakukan pemilihan ulang dan penghitungan ulang serta mengurangi perolehan suara caleg dan partai politik yang terindikasi melakukan penggelembungan suara di 2 kecamatan, Muara Sahung dan Kelam Tengah sebanyak 5 TPS, yakni TPS 3 dan 5 Desa Bukit Makmur, TPS 1 dan TPS 2 Desa Cinta Makmur dan TPS 1 Desa Sinar Jaya.

“Berdasarkan pertimbangan atas keberatan pemohon sesuai aturan yang berlaku dengan melalui rapat pleno pengawas pemilu. Maka, Bawaslu Provinsi Bengkulu, Jumat (9/5/2014) memutuskan bahwa menerima permohonan Abdul Karim untuk melakukan pencermatan C1 plano pada 5 TPS dan dan melakukan pembetulan terhadap kesalahan data khusus partai Gerindra,” jelas Anggota Panwaslu Kabupaten Kaur bidang Hukum dan Penanganan Pelanggaran(HPP) Titi Pirda Kusni, S.Hi Sabtu (10/5/2014).

Selanjutnya, ia menerangkan pencermatan ini disaksikan oleh pemohon serta partai pemohon (Gerindra) dengan diawasi oleh panwaslu Kabupaten Kaur juga pihak Kepolisian.

Selain itu juga Bawaslu Provinsi Bengkulu memerintahkan Panwaslu Kabupaten Kaur untuk menindaklanjuti laporan pelanggaran yang disampaikan pemohon dan meneruskannya ke Gakkumdu jika ditemukan adanya tindak pidana.

“Serta merekomendasikan kepada KPU Kaur untuk melakukan evaluasi terhadap kinerja jajaran dibawahnya yang ditemukan adanya indikasi tidak profesional,” tutupnya.(mty)