Minggu, November 28, 2021

Bupati Seluma Canangkan Pemanfaatan Pekarangan Rumah

Baca selanjutnya

Gerakan tanam cabai serentak di Kabupaten Seluma

Seluma, kupasbengkulu.com – Bupati Seluma Bundra Jaya mencanangkan pemanfaatan pekarangan rumah bagi warga Kabupaten ini. Hal itu dilakukan kata dia, guna meningkatkan produksi hasil pertanian Holtikultura di Kabupaten Seluma tanpa harus mengkonsumsi dagangan dari luar Kabupaten.

Hal itu disampaikannya saat membuka acara Gerakan Nasional Penanaman Cabai seluruh Indonesia di Desa Lawang Agung Kecamatan Air Periukan Kabupaten Seluma kamis (23/02/2017).

“Mulai hari ini kita canangkan untuk pemanfaatan pekarangan rumah, masa orang kota jual sayuran ke kampung kan aneh, pola ini harus dirobah,” kata Bundra.

Kata dia, seluma terdiri dari 14 Kecamatan, 12 Kelurahan dan 182 Desa. Sehingga, jika setiap rumah memanfaatkan pekarangan rumah maka tidak akan ada lagi penjual sayuran yang masuk dari luar Kabupaten.

“Kalau pekarangan dimanfaatkan kita bisa jual sayuran ke Kota, tinggal sediakan mobil dan tidak akan ada lagi itu yang setiap pagi dikejar ibu-ibu,” celotehnya.

Kepala Pusat Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan pangan Badan Ketahanan Pangan Pusat, Kementerian Pertanian RI Sri Sulihati mengatakan, sebanyak 10,3 juta hektare pekarangan rumah seluruh indonesia jika dimanfaatkan dapat menjadikan Indonesia sebagai lumbung pangan nasional.

“Gerakan tanam cabai serentak ini dilakukan guna mengatasi inflasi skala nasional, kenapa kita selalu dimain-mainkan oleh cabai, kita punya pekarangan yang bisa dimanfaatkan,” ujar dia.

Menurutnya, gerakan tanam cabai hanyalah skala kecil dalam upaya untuk mengatasi inflasi sehingga di perlu kan pemanfaatan pekarangan rumah secara meluas.

“Ini bisa dikelola oleh ibu-ibu kelompok tim PKK, jika memanfaatkan pekarangan dapat membantu meringankan kebutuhan,” sampainya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Seluma Bundra Jaya didampingi Kepala Pusat Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan pangan Badan Ketahanan Pangan Pusat, Kementerian Pertanian RI Sri Sulihati, Ketua Tim penggerak PKK Kabupaten Seluma Elda Evita Bundra Jaya bersama kepala Badan Ketahanan Pangan Provinsi Bengkulu Evarini dan Kajari Seluma Ardito Muwardi, Dandim 0425 Seluma Letkol Inf Arief Budiarto, Kapolres Seluma AKBP R. Tri Wahyu Budianto melakukan penanaman cabai secara simbolis di lokasi Kebun Bibit Desa Sumber Makmur Desa Lawang Agung Kecamatan Air Periukan.(sep)

Polisi Dalami Laporan Kasus Penganiayaan di Bengkulu Selatan

Kupas News – Sat Reskrim Polres Bengkulu Selatan (BS) Polda Bengkulu tengah mendalami laporan AN (25) warga Kabupaten Kaur terkait tindak pidana penganiayaan yang...

Teguh Santosa: ASEAN adalah Kawasan Paling Stabil

Kupas News – Organisasi negara-negara Asia Tenggara, ASEAN, merupakan salah satu organisasi kawasan yang paling stabil dan dinamis dan diyakini dapat menjadi model bagi...

Usin Sebut Penunjukan Kodrat Shah Langkah Tepat Partai Hanura

Kupas News – Partai Hanura resmi memiliki sekretaris jenderal baru setelah Dewan Pimpinan Pusat Hanura (DPP-HANURA) menetapkan Kodrat Shah sebagai sekretaris jenderal definitif. Penunjukan...

Himpitan Ekonomi Penyebab IRT Tenggak Racun Hingga Tewas

Kupas News – Seorang ibu berinisial NU (50) warga Desa Pajar Bulan, Kecamatan Seginim, Kabupaten Bengkulu Selatan, nekat mengakhiri hidupnya dengan cara minum racun...

Sidak SPBU, Yuliswani: Keterlambatan Pasokan Akibat Cuaca Alam

Kupas News – Asisten II Setda provinsi Bengkulu Yuliswani melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke beberapa Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Kota Bengkulu,...

Terbaru