Rabu, Mei 29, 2024

Di Kecamatan Ini Diprediksi Terjadi Longsor

Kondisi lahan pasca longsor
Kondisi lahan pasca longsor

Kepahiang, kupasbengkulu.com – Longsor di kawasan perkebunan atau pertanian antara Desa Batu Kalung Kecamatan Muara Kemumu dengan Desa Taba Baru, Bermani Ilir berpotensi terjadi longsor susulan. Ini diprediksikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepahiang, Burlian melalui Kabid Kedaruratan dan Logistik, Aryesi Maryana.

“Intensitas curah hujan kedepannya diprediksi masih tinggi. Itu berpotensi mengakibatkan bencana longsor di lahan perkebunan warga desa Taba Baru dan Batu Kalung kembali terjadi,” sampai Aryesi, Rabu (17/12/2014).

Potensi longsor susulan diperkirakan itu sendiri, dilihat dari kondisi lahan berada di tebing perbukitan yang cukup curam. Untuk kemiringan tebing ini, sekitar 30 sampai 45 derajat.

“Dilihat dari tanah tebing yang longsor itu besar sekali kemungkinannya untuk longsor kembali. Hal ini perlu dijadikan pertimbangan warga untuk dapat mewaspadainya,” kata Aryesi.

Disinggung tentang langkah-langkah BPBD, menurut Aryesi sebatas pelaporan ke bupati dan berkoordinasi dengan dinas terkait yakni Dinas Pertanian.

“Kita harap ada bantuan bibit kayu kepada warga pemilik lahan. Mengenai lahan sawah yang tertimbun dapat dilakukan dengan bergotong royong,” pungkas Aryesi.(slo)

Related

Semangat Warga Makmurkan Masjid Diapresiasi Gubernur Rohidin

Kupas News, Kepahiang - Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengapresiasi...

Janda Miliki Anak Sakit di Kepahiang Terima Bantuan Bedah Rumah

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah saat melakukan peletakan batu pertama...

Polres Kepahiang Tangkap 3 Orang Pengedar Uang Palsu

Kupas News, Kepahiang - Tiga orang tersangka pengedar uang...

1,8 Juta Raib Usai Dijanjikan Jadi Agen Es Krim

Kupas News, Kepahiang – Team Elang Jupi Sat Reskrim...

Palsukan Facebook Sekda Kepahiang, ASN Dimintai Uang

Kupasbengkulu.com, Kepahiang - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kepahiang, Zamzami...