Beranda POLITIK Dinmar Gugat KPU Lebong dan Bengkulu Utara

Dinmar Gugat KPU Lebong dan Bengkulu Utara

0
Eko Sugianto
Eko Sugianto.
Eko Sugianto.

kupasbengkulu.com – Dalam gugatan yang telah dilayangkan oleh tim kuasa hukum calon anggota DPD, Dinmar S.Kom, terkait selisih jumlah perolehan suara, lokus gugatan ada di dua Kabupaten yakni Kabupaten Bengkulu Utara dan Lebong. Karenanya, dikatakan anggota KPU Provinsi Bengkulu, KPU Provinsi Bengkulu Divisi Teknis dan Penyelenggaran, Eko Sugianto SP, M.Si, jika gugatan tersebut dikabulkan Mahkamah Konstitusi (MK), maka konsekuensinya komposisi DPD akan berubah.

“Untuk lokus gugatannya, sudah diketahui ada di dua kabupaten tersebut. Tapi, menyangkut materi gugatannya kami belum tahu, yang jelas ini terkait jumlah perolehan suara disana,” kata Eko.

Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan KPU Lebong dan Bengkulu Utara untuk mempersiapkan diri, termasuk mempelajari materi gugatan.

“Nanti, setelah diterima, materi gugatannya akan kami pelajari. Baik itu terkait perolehan suara maupun mekanisme proses rekapitulasi suara yang dipersoalkan. Pokoknya kami siap menghadapinya,” yakin Eko.

Sementara itu, Ketua KPU Provinsi Bengkulu, Irwan Saputra S.Ag, MM menjelaskan, bahwa dalam gugatan yang disampaikan peserta pemilu ke MK, memposisikan KPU sebagai penyelenggara yang statusnya adalah termohon.

“Kami sebagai termohon akan mempelajari apa yang menjadi keberatan pemohon. Sedangkan untuk DPD maupun DPR RI, maka kami akan langsung mempresentasikannya saat sidang di MK,. Untuk jadwal sidangnya sendiri kami belum tahu, kerena materi gugatannya saja juga belum sampai pada kami,” pungkasnya.(beb)