Sabtu, Mei 18, 2024

Dipasok dari Dua Provinsi, Harga Beras di Bengkulu Mahal

Kota Bengkulu, kupasbengkulu.com – Harga beras di Pasar Tradisonal Modern (PTM) Kota Bengkulu, mengalami kenaikan cukup signifikan. Seperti beras kemasan merk HP dari Rp 200 Ribu per 20 Kg menjadi Rp 210 Ribu. Beras Merk Manggis dari Rp 225 ribu naik Rp 230 ribu per 20 Kg.

“Harga beras diprediksi akan terus mengalami kenaikan beberpa hari kedepan,” kata Juharian salah seorang pedagang beras di PTM, kepada kupasbengkulu.com, Jumat (02/01/2015).

Ia menambahkan, saat ini harga beras termurah, jenis Dolog dengan harga Rp 14 ribu per 1,5 Kg, beras Kedurang dengan harga Rp 15 ribu per 1,5 Kg, dan beras Padang Rp 17 Ribu per 1,5 Kg.

“Kenaikan harga beras ini biasanya terjadi ketika memasuki bulan September hingga Februari. Kondisi ini disebabkan suplay beras dari Lampung dan Padang. Sebab dari Bengkulu sendiri belum tiba masa panen,” jelas dia.

Ditengah harga beras yang terus melonjak ini Juharian mengakui penjualan berasnya meningkat dua kali lipat dari biasanya.

”Kalau harga beras naik semua orang akan membeli beras, mulai dari baik itu pegawai hingga warga petani pun juga akan membeli beras. Kalau harga beras turun penjualan saya pun akan menurun. Seperti yang dikatakan tadi, soalnya masa panen padi hanya satu kali dalam setahun,” ujar Juharian.

Untuk mengatasi harga beras yang terus melonjak, Juharian mengatakan, sebaiknya beras Dolog harus lebih banyak di suplay ke PTM agar dapat menciptakan keseimbangan harga beras keseluruhan.(cr12)

Related

Cerita Ishak dengan Usaha Tahu Rumahan yang Kembang-kempis

Cerita Ishak dengan Usaha Tahu Rumahan yang Kembang-kempis ...

Bupati Kopli Larang Truk Batu Bara Melintas di Kecamatan Pinang Belapis

Bupati Kopli Larang Truk Batu Bara Melintas di Kecamatan...

Manajeman PT. DDP Bantah Telah Terjadi Konflik Agraria di Air Berau Estate

Manajeman PT. DDP Bantah Telah Terjadi Konflik Agraria di...

Bupati Kopli Anshori Hadiri Perayaan HUT Perpusnas RI di Jakarta

Bupati Kopli Anshori Hadiri Perayaan HUT Perpusnas RI di...

Idap Tumor Ganas, Remaja Asal Seluma Ini Butuh Uluran Tangan

Idap Tumor Ganas, Remaja Asal Seluma Ini Butuh Uluran...