Beranda HUKUM DAN PERISTIWA Djanjikan Lulus PNS, PNS Ditipu Rp 125 Juta

Djanjikan Lulus PNS, PNS Ditipu Rp 125 Juta

0

Kota Bengkulu, kupasbengkulu.com – Seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) Supratman (52), warga Kelurahan Sido Mulyo Kecamatan Gading Cempaka Kota Bengkulu, melaporkan tindak pidana dugaan penipuan, yang berjurus perekrutan PNS hingga dirinya harus mengalami kerugian mencapai Rp 125 juta.

Pelaku SA, dilaporakan ke Mapolda Bengkulu, Sabtu (18/04/2015) karena diduga menjanjiakan anak korban, Dwi Buma untuk menjadikan seorang PNS. Saat ini kasus tersebut sedang ditangni Mapolda Bengkulu.

”Kita sudah menerima laporan dari korban tentang tindak pidana dugaan penipuan dan kasus ini sedang kita selidiki,” kata Kapolda Bengkulu Brigjend Pol M Ghufron melalui Kabid Humas Polda Bengkulu, AKBP Sudarno.

Dari laporan korban, sekira bulan September 2012 lalu anak korban mengikuti tes CPNS di DKI Jakarta di Menkumham. Seketika itu korban dikenalkan oleh Budi Hermanto kepada pelaku SA.

Setelah berkenalan, pelaku kemudian menjanjikan akan meluluskan anaknya tersebut terdaftar sebagai PNS, dengan syarat korban harus mengirimkan uang sebesar Rp 125 juta kepada pelaku sebagai syarat kelulusan nantinya.

Kemudian, korban lalu mengirimkan uang muka sebesar Rp 60 juta. Lalu beberapa minggu kemudian, korban kembali mengirimkan uang sebesar Rp 10 juta dan terakhir korban kembali mengirimkan sisanya kepada pelaku hingga mencapai Rp 125 juta.

Namun, setelah pengumuman kelulusan ternyata anak korban tak lulus. Pada saat itu juga korban meminta uangnya kembali dan pelaku tak bisa mengembalikan uang tersebut kepada korban. Sehingga korban memberikan jangka waktu dan tenyata pelaku hingga saat tak juga mengembalikan uang tersebut.

Berdasarkan tindakan tersebut, korban lalu dengan sengaja datang ke Mapolda Bengkulu untuk menyelesaikan pekara yang merugikannya tersebut hingga Rp 125 juta.(dex)