oleh

DKP Kota Bengkulu Siapkan 1.665 Bubu Kepiting untuk Nelayan

Kadis DKP Kota Bengkulu, Ir. Masrizal
Kadis DKP Kota Bengkulu, Ir. Masrizal

kupasbengkulu.com – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Bengkulu menyiapkan 1.665 bubu (perangkap) kepiting yang akan dibagikan kepada 20 nelayan tangkap di Kecamatan Kampung Melayu Kota Bengkulu.

“Kami sudah melakukan verifikasi, dari 50 nelayan tangkap khususnya yang kepiting, hanya 20 nelayan yang mendapatkan bantuan bubu kepiting. Sehingga masing-masing mendapatkan 83 buah dan akan dibagikan dalam waktu dekat,” ujar Kadis DKP Kota Bengkulu, Ir. Masrizal, Senin (17/06/2014).

Disebutkan Masrizal, pengadaan bubu kepiting ini baru dilaksanakan di tahun 2014 dengan anggaran APBD sebesar Rp 80 juta. Hal ini melihat kondisi di lapangan, di mana banyak warga yang sudah menjadi nelayan kepiting, sedangkan peralatan yang dimiliki sudah tak layak lagi digunakan.

“Untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan, DKP berinisiatif melakukan pengadaan bubu kepiting. Hanya saja jumlahnya msih terbatas, kami masih menunggu APBD-P,” lanjutnya.

Sementara, nelayan yang mendapatkan bantuan bubu kepiting harus lolos verifikasi dengan ketentuan antara lain berada dalam tingkat ekonomi rendah, menangkap kepiting adalah satu-satunya mata pencaharian dalam keluarga, benar-benar berdomisili di Kecamatan Kampung Melayu, serta surat pernyataan dari lurah/ camat setempat bahwa benar-benar merupakan nelayan miskin. (val)

Rekomendasi