oleh

Empat Game Online yang Diusulkan ke Kominfo untuk Diblokir

-IPTEK-158 views

Aplikasi Mobile Legends, Foto: Dok/Irfan Arief

Bengkulu– Empat game online masuk dalam usulan blokir ke Kementrian Komunikasi dan Informatika RI. Usulan itu disampaikan langsung Bupati Mukomuko, Sapuan melalui surat resmi. Uslan pemblokiran itu dengan mempertimbangkan dampak negatif game online terhadap anak-anak. Lantas apa saja empat game online yang masuk dalam daftar usulan blokir Bupati Mukomuko. Berikut profil singkatnya.

2. PLAYERUNKNOWN’S BATTLEGROUNDS (PUBG)

PLAYERUNKNOWN’S BATTLEGROUNDS merupakan game online yang dikembangkan oleh PUBG Corporation sebuah korporasi pengembang game asal Korea Selatan. Game ini dirilis pertama kali pada tanggal 20 Desember 2017 dan mendukung berbagai platform diantaranya iOS, Android, Windows, dan Xbox One. Sejak dirilis, game yang masuk dalam genre battle royale ini telah beberapa kali memecahkan rekor diantaranya pernah dimainkan online oleh 877.844 orang secara bersamaan. Cara bermain game ini sangat mudah, cukup download di play store untuk android dan App Store untuk iOS. Game ini bisa dimainkan secara perorangan dan tim. Menurut laporan GMRPC, saat ini jumlah pemain PUBG Mobile yang tercatat di seluruh dunia mencapai total 734 juta pemain.

2. GARENA FREE FIRE

Garena Free Fire atau yang akrab disebut Free Fire merupakan game online yang awalnya dikembangkan oleh 111dots Studio asal Vietnam. Game ini kemudian dirilis oleh Garena sebuah perusahaan pengembang game digital asal Singapura pimpinan Forrest li pada 30 September 2017. Free Fire merupakan game online dengan genere battle royale yang menggunakan teknologi Unity Engine dan mendukung platform android dan iOS. Game ini memiliki server khusus di Indonesia sehingga lebih mudah diakses. Sejak dirilis, aplikasi game ini sudah di-dwonload oleh lebih dari 80 juta pengguna. Garena melaporkan game ini dimaninkan 100 juta pengguna aktif perhari di seluruh dunia. Saking populernya game ini pernah mendapat penghargaan “Best Popular Vote Game”  di Google Play Store pada tahun 2019.

3. MOBILE LEGENDS

Mobille Legends merupakan game online MOBA yang dikembangan oleh anak perusahaan dari ByteDance, Moonton Technology Co. Ltd sebuah perusahaan pengembang video game asal Tiongkok. Game ini pertama kali rilis pada 14 Juli 2016 dan mendukung piranti Android dan iOS dengan menggunakan teknologi engine unity. Berdasarkan laporan dari Business World, Mobile Legends tercatat sudah diunduh lebih dari 1 triliun kali dan punya 100 juta pemain aktif setiap bulannya pada November 2020. Sedangkan laporan dotesports menyebutkan, per Januari 2020 jumlah total pemain yang mengunduh game ini telah mencapai angka 500 juta di seluruh dunia. Cara bermain gama cukup muda, game ini memiliki 6 role karakter diantaranya; Marksman, Fighter, Tank, Mage, Assasin dan Support.

4. HIGGS DOMINO ISLAND

Merupakan sebuah permainan domino yang berciri khas lokal Indonesia. Game online yang unik memiliki varian seperti Domino Gaple, Domino QiuQiu.99 dan sejumlah permainan poker seperti Remi, Cangkulan, dan lainnya. Game ini dikembangkan oleh Higgs Technology. Co. Permainan Higgs Domino Island tersedia di aplikasi playstore banyak diminati oleh player dari Indonesia. Saat ini tercatat sebanyak 10 Juta pengguna telah mengunduh aplikasi game ini. Namun, game ini sempat disebut terjadi gambling karena digunakan untuk perjudian. Sistem permainan ini menggunakan top up namun tidak melalui aplikasi langsung melainkan dijual di berbagai platform jual beli online dan pulsa.

Reporter: Irfan Arief

News Feed