oleh

Agar Smartphone Tidak Cepat Panas, Lakukan 10 Cara Ini

KITA  semuanya tentu tidak menginginkan, smartphone yang kita punyai cepat panas. Karena smartphone dengan kondisi demikian, bisa membuat performanya menjadi lambat dan berat.

Kamu pastinya jengkel jika smartphonemu cepat panas sehingga membuat kinerjanya agak tersendat. Namanya juga barang elektronik pasti akan panas jika terus dipaksa bekerja.

Smartphone memang sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Mulai dari bermain game sampai membantu menuntaskan tugas kuliah hingga pekerjaan, bisa dilakukan lewat perangkat pintar itu.

Sudah mencoba berbagai cara tapi HP kamu tetap cepat panas? Keepo memberikan 10 cara agar HP tidak cepat panas untuk kamu.

1.Gunakan charger dan baterai original

Kamu harus tahu bahwa penggunaan HP berlama-lama berpengaruh pada baterai yang cepat habis. Hal ini bisa membuatmu mengecas HP beberapa kali dalam sehari.

Baterai dan charger yang sering digunakan akan mengalami penurunan kualitas. Apalagi jika charger yang digunakan adalah produk tiruan.

Charger dan baterai tiruan memiliki kualitas di bawah standar dan bisa membahayakan smartphone kamu. Jadi solusi terbaik yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan charger dan baterai original. Dan pastikan jangan terlalu sering mencharger HP dalam sehari.

2.Jangan menggunakan HP saat dicharger

Berikutnya masih berhubungan dengan tips di atas. Kebiasaan menggunakan HP saat dicharger tidaklah bagus karena membuat baterai kamu mengembung lebih cepat.

Selain itu HP kamu juga akan menjadi lebih panas setelah selesai diisi daya. Jadi hindari kebiasaan ini ya.

3.Membersihkan HP dari Debu

Debu ternyata bisa menyebabkan HP panas atau overheating. Pasalnya lubang pada body HP bisa tersendat jika tertutup debu.

Hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan membersihkan bagian baterai dan lubang pada body dengan cotton buds. Namun kamu juga harus hati-hati jangan sampai cotton buds menempel pada bagian perangkat HP.

4.Beri waktu istirahat untuk HP

Tanpa sadar mungkin kita terus menggunakan smartphone seharian, mulai dari internetan sampai bermain game. Memacu smartphone untuk terus bekerja tanpa henti sama saja dengan menyiksanya.

Memakai smartphone seharian untuk YouTuban atau bermain game berat akan membuat HP jadi panas. Jadi tentukan waktu istirahat untuk HP agar membuatnya terhindar dari overheat.

5.Gunakan aplikasi pendingin HP

Cara agar HP tidak cepat panas selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi pendingin HP. Aplikasi ini cukup bermanfaat karena bisa menjaga suhu atau mendinginkan smartphone kamu.

Beberapa aplikasi yang bisa kamu coba adalah Super Cooler-CPU, Cool Master, EaseUS Coolphone, dan sebagainya. Tertarik menggunakan aplikasi agar HP tidak cepat panas?

6.Andalkan aplikasi penghapus sampah

Biasanya smartphone Android memiliki segudang file sampah yang menumpuk. Hal ini tak bisa dibiarkan karena berdampak pada dapur pacu dan RAM yang bekerja lebih berat.

Makanya jangan menyepelekan file sampah. Kamu bisa melakukan pembersihan secara rutin. Ada banyak aplikasi yang bisa diandalkan untuk membersihkan sampah, salah satunya adalah Clean Master. Tak hanya itu, kamu juga dapat mengunduh aplikasi antivirus Android terbaik untuk mencegah kerusakan dalah handphone kamu.

7.Tutup aplikasi dan koneksi yang tidak digunakan

Sebaiknya kamu hanya mengaktifkan aplikasi atau koneksi saat digunakan saja. Misalnya saat sedang meeting kamu bisa menonaktifkan jaringan internet.

Atau kamu bisa mematikan konektivitas lain yang tidak digunakan seperti Bluetooth, GPS, NFC. Cara ini juga efektif untuk menghemat baterai.

Biasanya saat membuka banyak aplikasi, pengguna Android lupa untuk menutup aplikasi yang dibuka jika sudah tidak digunakan. Hal ini bisa memberatkan kinerja HP kamu dan membuat baterai cepat panas.

8.Jangan menyalakan WiFi non stop

Masih terkait dengan cara di atas, hal yang bisa kamu lakukan agar HP tidak cepat panas adalah dengan menggunakan WiFi seperlunya. Jadi jika tidak sedang menggunakan internet, sebaiknya kamu mematikan WiFi.

Karena jika tidak dimatikan, WiFi akan terus mencari jaringan secara otomatis meski di kawasan yang tidak memiliki jaringan WiFi. Hal ini akan membuat HP kamu cepat panas.

9.Hapus game dan aplikasi yang memberatkan RAM

Cara ini tidak berlaku jika kamu punya smartphone dengan kapasitas RAM besar. Tapi jika smartphonemu kapasitas RAM-nya pas-pasa, misalnya 1GB, maka poin ini patut dipertimbangkan.

Karena games dan aplikasi yang memberatkan RAM turut membebani sistem. Sehingga membuat HP-mu cepat panas. Mau tak mau kamu harus menghapus aplikasi atau games yang membuat HPmu jadi bekerja lebih keras.

10.Reset HP ke settingan pabrik

Ini merupakan langkah terakhir yang bisa kamu coba untuk mengembalikan performa HP kembali seperti awal. Jika kamu sudah mencoba tips-tips di atas, dan smartphonemu tetap cepat panas, cobalah untuk melakukan reset ke setelan pabrik.

Tentu itu akan menghapus semua aplikasi dan file yang ada di HP. Kecuali aplikasi bawaan pabrik atau yang sudah terpasang sejak awal.

Itulah 10 tips agar HP tidak cepat panas yang bisa kamu coba. Tips atau cara di atas terbukti efektif membuat HP kamu lebih adem. Sudah mencoba atau mengetahui beberapa tips di atas? ***

Rekomendasi