Sabtu, April 13, 2024

HSP ke-94, Roni Pasla: Pemuda Adalah Tonggak Pemersatu Bangsa

Kupas News, Mukomuko – Hari Sumpah Pemuda (HSP) merupakan refleksi bagi generasi muda untuk mendedikasikan diri dengan segala wawasan-wawasan kepemimpinan dan kebangsaan. Peran pemuda menjadi tonggak pemersatu bangsa. Gerakan-gerakan generasi muda ini juga wajib berorientasi pada Pancasila dan UUD 1945.

Hal ini disampaikan Anggota DPRD Mukomuko Roni Pasla saat menyambut Hari Sumpah Pemuda ke-94 yang jatuh pada 28 Oktober 2022. Ia juga menegaskan momentum ini harusnya menjadi refleksi tersendiri bagi para pemuda di Indonesia, khususnya pemuda-pemudi yang ada di Kabupaten Mukomuko.

Roni menjelaskan  peringatan Hari Sumpah Pemuda merupakan upaya pemerintah menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan dan dipelajari kembali. Sehingga ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk teladan dan inspirasi menuju visi bangsa yang besar.

“Hari Sumpah Pemuda memberikan banyak pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan suku, agama, ras dan kultur. Peran pemuda dalam mempelopori membangun visi kebangsaan telah dicatat dengan tinta emas sepanjang masa sehingga mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan Indonesia,” kata Roni kepada media Kupasbengkulu.com.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda, sambungnya, harus dimaknai dengan arti penting yang erat kaitannya dengan jaman modern atau kekinian. Keberlanjutannya, pemuda-pemudi itu harus memiliki arti yang sesuai di masa-masa yang akan datang.

“Ancaman terhadap kesatuan bangsa itu selalu ada. Kemudian, dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan membangun peradaban bangsa yang unggul,” kata Anggota dewan dari partai asuhan Megawati Sukarnoputri.

Roni juga berpesan bahwa pemuda saat ini adalah tokoh-tokoh yang akan berperan di masa yang akan datang. Sehingga, apa yang pemuda lakukan saat ini menjadi penentu kemajuan bangsa di masa yang akan datang. Terkhusus seluruh pemuda yang ada di Kabupaten Mukomuko.

“Keragaman sebagai anugerah yang berharga untuk dirangkai menjadi kekuatan luar biasa menuju kejayaan bangsa. Tentu mandat yang diamanahkan untuk para pemuda saat ini dimaknai dengan nilai-nilai luhur persatuan. Pemuda tak hanya menjadi pelaku penting dalam mewujudkan cita-cita bangsa, namun juga menjadi tulang punggung kejayaan bangsa sepanjang masa,” demikian Roni. (Adv-And)

Related

Panwascam Semidang Gumay Gelar Bimtek Penanganan Pelanggaran Kampanye

Kupas News - Tahapan kampanye dan distribusi logistik pada...

Pemuda Pancasila Mukomuko Datangi Kesbangpol Daftarkan Pengurus Baru

Adhika Kusuma Saputra, Ketua MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Mukomuko,...

Larangan Aktivitas TPA di PT. DDP Matikan BUMDes Unit Pengolahan Sampah

Kupas News, Mukomuko - Sejumlah warga di Ipuh menyatakan...

Kaum Dhuafa dan Anak Yatim di Mukomuko Terima Santunan dari Bupati Sapuan

Bupati Mukomuko Sapuan saat memberikan sambutan di hadapan puluhan...

Sinergitas Pemilu 2024, KPU Teken Kerjasama dengan Polres Mukomuko

Kupas News, Mukomuko – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten...