Selasa, Maret 5, 2024

Panwascam Semidang Gumay Gelar Bimtek Penanganan Pelanggaran Kampanye

Kupas News – Tahapan kampanye dan distribusi logistik pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 akan terus dipantau Panitia Pengawas Pemilu tingkat Kecamatan (Panwascam) Semidang Gumay, Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu.

Komitmen itu tertuang dalam kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) yang dihadiri 30 peserta dari Pengawas Desa dan Kelurahan (PKD) se-Kecamatan Semidang Gumaya pada Jumat, 22 Desember 2023.

Bimtek menghadirkan narasumber perwakilan dari Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaur, Jailani dan Anggota Kepolisian dari Polsek Kaur, Kosseri.

Ketua Panwascam Semidang Gumay, Merah Sabana menjelaskan tahapan pemilu saat ini sudah masuk masa kampanye. Dimana seluruh peserta pemilu diperbolehkan melakukan sosialisasi dalam bentuk pertemuan terbatas dan lain sebagainya.

Beberapa upaya terus dilakukan pihaknya, menghindari terjadinya pelanggaran tahapan kampanye di wilayah Kecamatan Semidang Gumay.

“Itu kami lakukan, sebagai bentuk komitmen kami, agar di masa kampanye ini, peserta pemilu bisa menghindari pelanggaran,” katanya.

Merah Sabana mengatakan, salah satu upaya yang dilakukannya dalam mengantisipasi pelanggaran pada tahapan kampanye ini adalah melakukan sosialisasi dan juga imbauan kepada peserta pemilu. Sosialisasi dan imbauan ini juga dilakukan kepada pihak terkait.

Upaya lain yang dilakukan Panwascam adalah berkolaborasi dengan pihak terkait seperti Muspika dan juga PPK Kecamatan Semidang Gumay.

“Kolaborasi dan kordinasi yang dilakukan pihaknya sejauh ini dirasa cukup efektif untuk menjaga kondusifitas di wilayah Kecamatan Semidang Gumay,” pungkasnya.

Ia pun mengimbau kepada peserta pemilu untuk senantiasa menaati aturan yang ada dan tidak mencoba untuk melanggarnya.

Lebih jauh, pihaknya tidak segan-segan untuk melakukan tindakan tegas kepada peserta pemilu yang mencoba untuk melanggar aturan.

“Kami juga mengimbau kepada masyarakat untuk melaporkan kepada kami kalau ditemukan dugaan pelanggaran Pemilu di wilayahnya masing-masing. Kami akan memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat terkait laporan tersebut,” ujarnya demikian.

Editor: Iman Sp Noya

Related

Hadiri Pembukaan Turnamen Futsal, Roni Pasla Ingatkan Pemuda Bermental Juara

Kupas News, Mukomuko – Pembukaan turnamen futsal yang digelar...

Hadiri Peresmian SALUT, Wabup Wasri Ingin UT Jadi Akses Kemajuan Daerah

Kupas News, Mukomuko – Wakil Bupati Mukomuko Wasri, hadiri...

Bupati Mukomuko Terima PSU, Sapuan: Ini Wujud Iklim Berinvestasi Sehat

Kupas News, Mukomuko – Bupati Mukomuko Sapuan menerima penyerahan...

Pengukuhan TPPS, Bupati Mukomuko Ajak Seluruh Anggota Entaskan Stunting

Swafoto Bupati Mukomuko Sapuan (kanan) dan Wagub Rosjonsyah usai...

Kepala BPKAD Sebut Penghargaan Kemenkeu Bentuk Keseriusan Jajaran Pemkot

Kupas News, Kota Bengkulu – Pemerintah Kota Bengkulu meraih...