Beranda DAERAH BENGKULU Hujan Lebat Masih Sisakan Banjir di Kota Bengkulu

Hujan Lebat Masih Sisakan Banjir di Kota Bengkulu

0
warga memilih tetap bertahan di rumah yg terendam banjir
warga memilih tetap bertahan di rumah yg terendam banjir

kupasbengkulu.com – Hujan yang terus mengguyur Kota Bengkulu beberapa hari terakhir masih menyisakan banjir di beberapa lokasi. Wakil walikota Ir. Patriana Sosialinda memastikan bahwa pemerintah Kota Bengkulu tidak akan tinggal diam menanggapi  persoalan tersebut.

“Banjir merupakan masalah kompleks, selalu terjadi di beberapa wilayah di Kota Bengkulu. Ini bukan masalah drainase saja melainkan juga soal bagaimana masyarakat menjaga kebersihan lingkungan,” ujar Linda, Selasa (29/04/2014).

Dijelaskan bahwa dari hasil diskusinya dengan pihak dinas PU diketahui penyebab kebanjiran di Rawa Makmur yakni salah satunya drainase yang tidak bisa menampung air ketika curah hujan cukup tinggi, ditemukan ada drainase yang butuh pemeliharaan, ada juga drainase yang butuh peningkatan kapasitas volume.

“Beberapa tahun terakhir terjadi pertambahan bangunan yang kurang memperhatikan masalah saluran air. Ada beberapa drainase yang berada di bawah permukaan tanah atau jalan milik provinsi, tentu jika pemerintah kota mau memperbaiki kapasitas drainase itu, pihak pemkot harus berkomunikasi dulu dengan pemerintah provinsi,” kata Linda lagi.

“Pemerintah Kota tidak bisa merencanakan sendiri, harus koordinasi dulu dengan pemerintah provinsi bagaimana solusinya. Karena akan salah ketika APBD kota dipakai untuk membangun yang seharusnya merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi, secara aturan itu tidak boleh terjadi,” tambahnya.

Wawali juga mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan dan menjaga kebersihan dan aset kota.

“Mari warga Bengkulu kita menjaga kebersihan Kota untuk meminimalisir bencana banjir di Kota Bengkulu,” pungkasnya. (val)