Selasa, Mei 28, 2024

Insentif 15 Desa di Bengkulu Utara Terpakai Bendahara Sekcam

Bengkulu Utara, kupasbengkulu.com – Persoaalan belum dibayarnya insentif 15 Desa di Kecamatan Batik Nau Kabupaten Bengkulu Utara. Lantaran, uang insentif sejumlah Rp 200 juta tersebut telah terpakai oleh Bendehara Kecamatan Batik Nau yakni Winarsih. Menurut Bupati tak perlu ke ranah hukum.

Saat diperiksa inspektorat beberapa hari lalu, Winarsih berjanji akan mengembalikan uang tersebut pada hari Kamis (15/01/2015) namun hingga kemarin (16/01/2-15) uang tersebut belum bisa dikembalikan oleh Winarsih, dengan alasan tidak memiliki uang penggantinya.
Sehingga, saat ini ia hanya bisa pasrah dengan keadaan ini. Menanggapi hal ini, Bupati Bengkulu Utara Dr Ir H M Imron Rosyadi, MM MSi mengatakan sebagai seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS), maka harus membayar uang tersebut. Karena insentif itu memang hak perangkat desa.

“Makanya saya katakan, dengan seluruh kepala dinas dan pejabat lainnya jangan suka makan hak orang lain, jadi mengenai hal itu sekarang kita masih bicara dengan Pak Sekda mencari jalan keluarnya,” ujar Bupati.

Dia menambahkan, kalau bisa yang bersangkutan harus mempertanggungjawabkan uang tersebut atau dia harus menanggulangi dengan cara apa. Tapi, jangan sampai masalah ini masuk keranah hukum. Sebab, dia seorang perempuan, punya anak dan keluarga. Karena itulah, harus dicari jalan keluarnya agar tidak menempuh jalan hukum.

“Jadi salah satu caranya, mungkin kita pakai mediasi dulu, supaya persoalan ini cepat selesai,” imbuhnya. Pemerintah

Selain itu dia mengatakan, pihak pemerintah daerah bisa memfasilitasi sebatas mediasi, walaupun nantinya ini akan menjadi suatu temuan, tapi yang pasti harus diselesaikan dulu. Sebab, uang tersebut memang hak para perangkat desa. Sedangkan masalah temuannya, itu diserahkan pada pihak pemeriksa.

Pihaknya juga mengimbau dengan adanya kejadian ini, mungkin bisa dijadikan pembelajaran untuk bendehara-bendehara yang lain untuk jangan sekali-kali memakan hak orang lain.(jon)

Related

Bhabinkamtibmas Polsek Ketahun Gelar Sosialisasi Saber Pungli

Kupas News, Bengkulu Utara – Polres Bengkulu Utara melalui...

Polisi Lakukan Pengamanan Ibadah Paskah di Gereja Arga Makmur

Swafoto Bhabinkamtibmas Polres Bengkulu Utara saat melakukan pengamanan Ibadah...

5 Desa di Bengkulu Utara Terima Bantuan dari Polsek Batik Nau

Kapolsek Batik Nau saat menyerahkan bantuan kemanusiaan di Bengkulu...

Polisi Sita Puluhan Liter Minuman Tuak di Bengkulu Utara

Anggota polsek Lais saat menunjukan hasil sitaan minuman keras...

Bank Indonesia dan Komisi XI DPR RI Sosialisasikan QRIS di Arga Makmur

She Asa Handarzeni saat mengisi materi pada acara kegiatan...