Senin, Januari 17, 2022

Kisah Kuli Bangunan jadi Kepala Puskesmas

Baca selanjutnya

arjun
Kepala Puskesmas Kecamatan Ilir Talo Kabupaten Seluma, Arju Rahman

kupasbengkulu.com – Arju Rahman pria kelahiran Sabtu Pahing 2 Juni 1973 ini memiliki prinsip hidup yang sabar dan baik sangka. Meski dirinya lahir dari keluarga kurang mampu saat ini dirinya membuktikan, dirinya mampu menggapai cita-citanya menjadi abdi negara.

Arju lahir di Temanggal sebuah desa terpencil di Kecamatan Tumpukan Kabupaten Magelang, Jawa Tengah ini mengawali hidupnya dengan mengikuti program Transmigrasi di Provinsi Bengkulu tahun 1985 silam di Desa SP3 Kecamatan Ulu Talo Kabupaten Seluma.

Perlahan tapi pasti, Arju memulai pendidikannya di SD SP3 Ulu Talo dan dilanjutkan ke jenjang SMP di Desa Simpur Ijang Kecamatan Ulu Talo. Meski jarak tempuh sekitar 10 kilometer berjalan kaki dari rumah menuju sekolahnya. Hal tersebut tidak itu tidak mengurungkan niatnya untuk meraih cita-citanya.

Setelah lulus SMP, Arju sempat enggan melanjutkan sekolah lantaran kondisi ekonomi keluarganya yang tidak mampu. Dirinya pun memilih membantu orangtuanya ke sawah dan kebun. Bahkan, dirinya pernah menjadi kuli bangunan.

“Saya pernah bermimpi tapi dulu teman-teman saya mentertawakan saya. Karena melihat kondisi saat itu rasanya tidak mungkin saya bisa menjadi kepala Puskesmas, untuk membeli sepatu saja saya tidak mampu,” cerita Arju, Jumat (5/9/2014).

Singkat cerita, Arju mendapatkan belas kasihan dari seorang guru yang iba kepadanya, Komarudin. Dari belas kasihan itu dirinya berkesempatan untuk melanjutkan pendidikan di Sekolah Perawat Kesehatan (SPK) tahun 1990.

Berkat ke pandaiannya, Arjun pun lulus seleksi di Provinsi Bengkulu semasa itu. Setelah itu, dirinya mesti menjalankan pendidikan di Solok Sumatra Barat. Berselang beberapa tahun, akhirnya dirinya pun berhasil meraih gelar dari pendidikannya.

Nasib, Arjun begitu beruntung. Bagaimana tidak? tahun 1994 dirinya pulang ke Kabupaten Seluma Arju langsung di tempatkan Depkes Provinsi Bengkulu ke Puskesmas Ilir Talo. Tepatnya, di Desa Rawa Indah Kecamatan Ilir Talo.

Prestasinya pun cukup membanggakan, sebab sosok Arju sempat mendapatkan penghargaan medis teladan tingkat kabupaten tahun 1998/1999, yang saat itu kabupaten Seluma masih bergabung dengan Kabupaten Bengkulu Selatan.

Beberapa tahun mengabdi, dirinya pun dipercaya oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seluma untuk menjabat Kepala Puskesmas Kecamatan Ilir Talo Kabupaten Seluma.

Penulis : Sepriandi, Kabupaten Seluma.

- Advertisement -

Pemprov Undi Nomor Area Tanggungjawab OPD di Kawasan Pantai Panjang

Kupas News – Dipimpin Sekda Provinsi Bengkulu Hamka Sabri, Tim 13 Pengelolaan Pantai Panjang Pemprov Bengkulu, lakukan sidak (pemantauan langsung) terhadap kebersihan, ketertiban penempatan...

Ridho Rahmadi Ingatkan Siswa MTs Roudlotur Rosmani Lebih Produktif

Kupas News – Dalam kunjungan Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Ummat Ridho Rahmadi di MTs Roudlotur Rosmani, Kamis (13/1) mengingatkan anak-anak muda...

Jelang HPL Terbit, Pemprov Bentuk Tim 13 Atasi Pengelolaan Pantai Panjang

Kupas News – Pasca pelaksanaan gerakan bersih Pantai Panjang Bengkulu bersama Forkopimda dan organisasi masyarakat peduli kebersihan pantai, Pemprov Bengkulu kian memantapkan langkahnya kelola...

Gubernur Rohidin Kunjungi Universitas Al Azhar Indonesia Bahas Kerja Sama

Kupas News – Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah melakukan silaturahmi ke Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) di Jakarta. Berbagai hal dibahas dalam lawatannya pada Kamis...

Grand Opening Kafe Harsa Eat Terobosan Menu Andalan Unik di Bengkulu

Kupas News – Sebagian besar pelaku usaha kafe berlomba-lomba mengkreasikan desain tempat usahanya untuk menarik pelanggan. Terutama bereksperimen dalam sajian menu hidangan kemudian persaingan...

Terbaru