Rabu, Mei 29, 2024

Korupsi Pabrik Semen Diserahkan ke Kejari Seluma

Kepala Seksi Penerangan Hukum Denny Zulkarnain.2
Kasi Penerangan Hukum (Penkum) Kejati Bengkulu, Denny Zulkaranain

Kota Bengkulu, kupasbengkulu.com – Kejaksaan Tinggi (Kejati) Bengkulu bakal melimpahkan kasus dugaan korupsi Pabrik semen Kabupaten seluma ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Seluma.

“Sesuai dengan prosedur yang ada, kasus dugaan korupsi pabrik semen kita akan limpahkan ke Kejari Seluma,” kata Kasi Penerangan Hukum (Penkum) Kejati Bengkulu, Denny Zulkaranain.

Namun, sebelumnnya pekara ini akan dipelajari terlebih dahulu oleh Jaksa Penutut Umum (JPU). Setelah itu, Kejati secepatnya akan melimpahkan kasus ini ke Seluma untuk di dipelajari terlebih dahulu dan untuk diadili.

“Kan kasus ini sudah tahap satu, sekarang sedang diteliti jaksa penuntut. Sesuai dengan fokus pekara berkas yang telah diteliti JPU nantinya akan dilimpahkan ke Seluma,” jelas Denny.

Walaupun hingga saat ini hasil kerugian negera belum keluar dari Perhitngan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Bengkulu. Namun, dari indikasi yang ditemukan bahwa dana yang berasal dari Dinas ESDM Provinsi sebesar Rp 3,5 miliar itu diduga sebagian besar masuk ke pembebasan lahan PT. PSP.

Seharusnya yang melaksanakan atau mengelola uang tersebut, adalah Dinas ESDM Provinsi Bengkulu, bukan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Seluma. Status yang seharusnya terjadi yakni, Pemkab hanya ditempatkan sebagai mitra ESDM provinsi. Sehingga pihak provinsi bisa tahu jumlah dan luas lahan yang akan dibebaskan. Tapi, yang terjadi pihak provinsi malah langsung menyerahkan dana proyek ke kabupaten.

Sehingga walaupun belum terhitung audit dari hasil temuan, keenam tersangka antara lain Murman Effendi selaku mantan Bupati Seluma, Muhamad Karyamin selaku mantan Kadis ESDM Provinsi, Surya Gani mantan kadis ESDM Provinsi, Karyadi selaku PPTK, Syaiful Anwar Dali, SE selaku mantan Sekdakab Seluma, Khairi Yulian serta Tarmizi Yunus, Zulkifli bakal diadili di persidangan.

Sementara itu, untuk perhitungan kerugian negara yang akan dihitung oleh BPKP dapat disusul saat persidangan yang direncanakan dalam waktu dekat ini.(dex)

Related

Ada ASN Jadi Calo Pegawai Bank, Sekda Seluma Dukung APH Usut Tuntas

Ada ASN Jadi Calo Pegawai Bank, Sekda Seluma Dukung...

Diduga Jadi Calo Pegawai Bank Bengkulu, Oknum ASN Dipolisikan

Diduga Jadi Calo Pegawai Bank Bengkulu, Oknum ASN Dipolisikan...

Gembong Narkoba Asal Bengkulu Kirmin Akan Dituntut Berat

Gembong Narkoba Asal Bengkulu Kirmin Akan Dituntut Berat ...

Kepala BPN Seluma Pastikan Program PTSL Bebas Pungutan Liar

Kepala BPN Seluma Pastikan Program PTSL Bebas Pungutan Liar...

Pj Wali Kota Bengkulu Dilapor ke Bawaslu

Pj Wali Kota Bengkulu Dilapor ke Bawaslu ...