Senin, April 22, 2024

Perda RTRW Belum Selesai, Target PAD Terancam Menurun

Perda RTRW
Ilustrasi : Istimewa

kupasbengkulu.com – Pelaksanaan penertiban Izin Mendirikan Bangunan (IMB) di Kabupaten Bengkulu Utara terkesan belum berjalan sesuai yang diharapkan. Pasalnya, Peraturan Daerah (Perda) yang diajukan oleh pihak Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bengkulu Utara  ke pihak dewan berupa Rencana Tata ruang Wilayah (RTRW) yang diajukan tahun 2013 yang lalu belum juga selesai.

Sementara ini dasar pihak dinas terkait untuk menertibkan IMB untuk PAD hanya berdasarkan Perda tahun 2012 dan Perbup No.46 tahun 2013. Meskipun hanya bermodalkan dua Perda tersebut, pihak dinas PU tetap optimis target PAD senilai Rp 300 juta tercapai ditahun 2014.

Kepala Dinas PU Bengkulu Utara, Ir Maswandi melalui Kasi Penertiban IMB, Kusman Sidi, SH, kepada kupasbengkulu.com menerangkan saat ini pedoman yang dipakai untuk menertibkan IMB hanya ada 2 perda.

Pedoman yang lebih menjurus di dalam aturan yang kuat setiap kabupaten seharusnya sudah mempunyai perda RTRW. Ketika dalam pelaksanaan di lapangan tidak berbenturan dengan aturan yang lain.

“Usulan sudah kita sampaikan ke pihak dewan dan sudah dibahas. Hanya saja kapan itu akan keluar kita belum tahu,” terangnya.

Lebih jauh, dikatakannya, perpedoman pada 2 Perda yang ada, target PAD yang dibeban kepada bidang IMB senilai Rp 300 juta tidak menjadi hambatan untuk pencapaian target tersebut.

Kusman  juga mengatakan, berdasarkan upaya nyang maksimal tahun 2013 yang lalu dalam melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk mematuhi aturan yakni harus mengurus IMB itu sudah dilakukan di setiap kecamatan.

“Kita yakin target PAD tahun ini tetap tercapai,” pungkasnya.(jon)

Related

Bhabinkamtibmas Polsek Ketahun Gelar Sosialisasi Saber Pungli

Kupas News, Bengkulu Utara – Polres Bengkulu Utara melalui...

Polisi Lakukan Pengamanan Ibadah Paskah di Gereja Arga Makmur

Swafoto Bhabinkamtibmas Polres Bengkulu Utara saat melakukan pengamanan Ibadah...

5 Desa di Bengkulu Utara Terima Bantuan dari Polsek Batik Nau

Kapolsek Batik Nau saat menyerahkan bantuan kemanusiaan di Bengkulu...

Polisi Sita Puluhan Liter Minuman Tuak di Bengkulu Utara

Anggota polsek Lais saat menunjukan hasil sitaan minuman keras...

Bank Indonesia dan Komisi XI DPR RI Sosialisasikan QRIS di Arga Makmur

She Asa Handarzeni saat mengisi materi pada acara kegiatan...