oleh

Pertemuan Penyusunan RKA-KL Tahun 2015 Lingkup Dirjen Perkebunan Wilayah Barat

unnamed (1)

kupasbengkulu.com – Dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Anggaran Kementerian Lembaga (RKA-KL) sektor perkebunan tahun 2015 untuk wilayah barat Indonesia, diadakan pertemuan kedua yang diselenggarakan di Provinsi Bengkulu. Pertemuan ini diikuti 17 provinsi dan akan berlangsung selama empat hari, dari tanggal 17-20 Juni 2014.

Pertemuan awal sudah dilaksanakan di Maluku Utara, yang kedua di Bengkulu, dan akan terus dilakukan dilakukan hingga pertemuan final di provinsi lainnya.

“Awalnya sudah dilaksanakan di Maluku Utara dan ini merupakan tahap kedua untuk pematangan dan mensinergikan kegiatan. Nanti akan ada finalnya yang dilaksanakan di provinsi lain,” ujar Kadis Perkebunan Provinsi Bengkulu, sekaligus Ketua Panitia pelaksana, Ir. Ricky Gunarwan.

Disebutkan Ricky, anggaran yang diusulkan Provinsi Bengkulu untuk perkebunan mencapai Rp 30 miliar dari rancangan awal Rp 23 miliar. Beberapa komoditas unggulan Provinsi Bengkulu yang menjadi pembahasan seperti sawit, karet, kopi, kelapa, dan kakao.

“Itu baru usulan. Anggaran kementerian terbatas hanya 1,5 Triliun untuk 14 komoditas, dan diprioritaskan untuk pengembangan tebu. Khususnya Provinsi Bengkulu, komoditi andalan kita adalah sawit, karet, kopi, kelapa, dan kakao. Rencana awalnya Rp 23 miliar, kemudian Rp 30 miliar dan akan terus didefinitifkan pada final oktober nanti,” tegas Ricky.(yeti rahmadani)

Rekomendasi