Minggu, Desember 3, 2023

Polres Mukomuko Tetapkan Tersangka Kasus Korupsi Program Bantuan PIID-PEL

Kupas News, Mukomuko – Polres Mukomuko secara resmi menetapkan Agus Setiawan selaku Direktur Bumdes Anak Negeri Pasar Bantal sebagai tersangka dalam kasus tindak pidana korupsi program bantuan pilot inkubasi inovasi-pengembangan ekonomi lokal (PIID-PEL) dari Kementerian Desa PDTT Tahun Anggaran 2019.

“Tersangka Agung Setiawan ditangkap di Desa Pasar Bantal, Kecamatan Teramang Jaya,” kata Kapolres AKBP Nuswanto dalam keterangannya saat menggelar konferensi pers di Mapolres Mukomuko, Jumat, (30/9).

Dijelaskan Kapolres, kronologis kejadian bermula pada tahun 2019, Kementerian Desa PDTT telah memberikan bantuan program PIID-PEL di Desa Pasar Bantal Kecamatan Teramang Jaya sebesar Rp1 Miliar.

Dana tersebut, kata AKBP Nuswanto digunakan untuk pengolahan ikan Runca menjadi tepung ikan yang dilaksanakan secara swakelola. Dalam pelaksanaannya tersangka berperan aktif terhadap pekerjaan tersebut.

“Tersangka Agung Setiawan ini berperan aktif terhadap pekerjaan tersebut. Namun pada prosesnya, tersangka tidak berpedoman kepada petunjuk teknis operasional (PTO),” ujarnya.

Lalu, berdasarkan hasil tim auditor BPKP perwakilan Bengkulu menyebutkan telah terjadi penyimpangan yang mengakibatkan kerugian negara mencapai Rp494 juta dengan motif ekonomi menguntungkan diri sendiri, orang lain dan korporasi.

“Peran tersangka pada kasus ini yakni melakukan mark-up  dan pembuatan laporan fiktif yang tidak sesuai dengan rencana anggaran biaya (RAB),” tambahnya.

Tersangka dikenakan pasal 2 UU ayat 1 dan atau pasal 3 dan atau pasal 9 UU Nomor 20 tahun 2001 tentang perubahan atas UU nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan terhadap tindak pidana korupsi junto pasal 55 ayat 1 KUHPidana.

Reporter: Adhika Kusuma

Editor: Riki Susanto

Related

Sidang Lapangan PT DDP vs Warga, BPN Mukomuko Terindikasi Berpihak

Sidang Lapangan PT DDP vs Warga, BPN Mukomuko Terindikasi...

Usin Sembiring Akan Kawal Advokasi Implementasi Kebijakan Lingkungan

Usin Sembiring Akan Kawal Advokasi Implementasi Kebijakan Lingkungan ...

MCP Seluma Rendah, KPK: Kelalaian APIP, Penggunaan Dana Hibah Tanpa Laporan

MCP Seluma Rendah, KPK: Kelalaian APIP, Penggunaan Dana Hibah...

Pengusutan Kasus Korupsi BTT Masih Berlanjut, Kejari Seluma Teliti 3 Berkas Tersangka

Pengusutan Kasus Korupsi BTT Masih Berlanjut, Kejari Seluma Teliti...

Marak Penipuan Pendaftaran Prakerja, Disnakertrans Seluma Minta Warga Waspada

Marak Penipuan Pendaftaran Prakerja, Disnakertrans Seluma Minta Warga Waspada...