Sabtu, Desember 10, 2022

Presiden SBY Bawa Pulang Batu Cincin Kecubung Ulung Bengkulu?

Baca selanjutnya

Batu akik kecubung ulung.
Batu akik kecubung ulung.

kupasbengkulu.com – Penggemar batu aji atau batu akik di Kota Bengkulu tentunya belum begitu mengetahui Pengrajin Batu Akik ‘Gonjor’. Pasalnya, lokasi tempat pengrajin ini tergolong berada di gang tepatnya di Jalan Rinjani RT 8 RW 003 Pesantren Pancasila Kelurahan Jembatan Kecil Kota Bengkulu atau tepatnya 50 meter sebelum Pondok Pesantren Pancasila.

Hampir semua jenis batu akik, secara lengkap dengan berbagai bentuk ukuran dan jenisnya tersedia disini. Harga yang dijajakan juga beragam, tergantung keinginan dan isi dompet Anda. Mulai dari batu seharga ratusan ribu hingga jutaan rupiah bisa ditemui di Pengrajin ‘Gonjor’.

Berbelanja disini, seperti berpetualang ke daerah penghasil batu akik. Loh kok? Pasalnya, disini Anda bisa menemukan batu yang sangat langka dan jarang ditemui di provinsi lainnya. Seperti, Batu Seleman Darah, Batu Sulaiman, Batu Safir, Batu Semer Mesem, Badar Perak, Batu Teratai Merah, Kecubung Ulung, Teratai Combong, Batu Alif, Tapak Jalak, Batu Jam Pasir, Batu Teratai Lipan, Batu Kinyang Es, Batu Fosil Jelatang, Batu Karang Semut serta jenis batu lainnya.

Menariknya, batu cincin asal Bengkulu jenis Batu Kecubung Ulung dan Batu Teratai sempat dibawa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ketika menghadiri Hari Pers Nasional (HPN), Februari lalu sebagai cindera mata dari Provinsi Bengkulu.

Risdan Hamidi, pengrajin Batu Akik menjelaskan, batu akik yang dijual dirinya merupakan batu asli Bengkulu. Hal tersebut, bisa dibuktikan dengan motif dan jenis batu yang dipajang dalam etalase miliknya. Selain itu, tambah dia, batu hasil asahan dirinya ini bisa di test atas keasliannya.

”Konon, kalau batu Cincin Kecubung Ulung dan Teratai Bengkulu sempat dibawa Pak Presiden SBY sebagai cindera mata dari Bengkulu saat menghadiri HPN lalu?,” kata Risdan Hamidi, saat ditemui Sabtu (17/5/2014).

Pengrajin Batu Akik Gonjor.
Pengrajin Batu Akik Gonjor.

Ia menceritakan, batu akik miliknya itu diketahui memiliki nilai magis tersendiri. Diantaranya, Batu Semer Mesem yang bermotif wayang, konon menurut cerita perwayangan mengisahkan sebagai penolak balak.

Selain itu, batu akik yang memiliki nilai mistis lainnya, Batu Teratai Combong, diketahui berkhasiat dapat memikat perempuan atau pengasihan, bahkan batu ini dapat mengeluarkan air jika dielus bagian atas lobangnya.

Batu Kecubung Ulung, terang dia, merupakan batu berwarna hitam kelam. Namun, saat disinari dengan cahaya batu itu memancarkan warna merah di dalamnya.

”Kalau khasiat dan nilai magis dari batu itu tergantung dengan orang yang menanggapinya seperti apa. Kalau saya secara probadi melihat batu ini dari motifnya yang unik tanpa memilikirkan nilai historis yang terkandung dalam batu itu,” jelas Risdan yang akrab disapa Didi ini.

Disinggung masalah ciri khas batu Bengkulu, Didi mengatakan, jika batu akik khas Bengkulu terdapat pada batu teratai dan batu dengan berbagai motif asli. Selain itu, batu dari Bengkulu berbeda dengan batu yang ada di provinsi lain lantaran corak motifnya batu yang terbentuk secara alami tanpa dibuat-buat tangan manusia.

”Batu yang ada sekarang, bisa di test keasliannya. yang jelas ditempat disini terdapat berbagai jenis batu unik dan langka,” pungkas bapak satu orang anak ini.

Jika Anda memang menggemari batu akik, segera puaskan hasrat Anda di tempat Pengrajin ‘Gonjor’, ditunggu!.(gie)

KUHP Tidak Berlaku untuk Kegiatan Kemerdekaan Pers

Kupas News, Jakarta - Walaupun Rancangan Undang-undang (RUU) Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) telah disahkan DPR menjadi UU KUHP,  khusus untuk pelaksanaan kemerdekaan pers...

Komisi XI DPR RI dan BI Sosialisasikan Transaksi Digital QRIS di Rejang Lebong

Kupas News, Rejang Lebong –  Anggota Komisi XI DPR RI Susi Marleny Bachsin bersama Bank Indonesia (BI) kembali melakukan Sosialisasi dan Edukasi Quick Response...

Janda Miliki Anak Sakit di Kepahiang Terima Bantuan Bedah Rumah

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah saat melakukan peletakan batu pertama pembangunan bedah rumah program Baznas di Desa Kandang, Seberang Musi, Kepahiang, Rabu, 7 Desember 2022,...

Problem Solving Kepolisian Mediasi Dua Perempuan Terlibat Kasus Penganiayaan

Bhabinkamtibmas Polsek Taba Penanjung saat menggelar kegiatan problem solving kepolisian, Rabu, 7 Desember 2022, Foto: Dok Kupas News, Bengkulu Tengah - Mencoba melakukan mediasi sebagai...

Bea Cukai Musnahkan Barang Milik Negara Hasil Penindakan KPPBC TMP C Bengkulu

Kepala Bea Cukai Provinsi Bengkulu Ardhani Naryasti bersama perwakilan instansi terkait saat melakukan pemusnahan barang milik negara, di Kantor Bea Cukai provinsi Bengkulu, Kamis,...
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Terbaru