Jumat, Mei 24, 2024

Produksi Batubara Tak Kontribusi Pendapatan Bengkulu

Batubara yang siap dikapalkan untuk diekspor
Batubara yang siap dikapalkan untuk diekspor

Bengkulu, kupasbengkulu.com – Edi Sunandar anggota DPRD Provinsi Bengkulu, mengatakan produksi batubara tak menyumbang bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Pendapatan Asli Daerah (PAD) Bengkulu nihil dari sektor pertambangan batubara, Bengkulu dapat jalan rusak, lingkungan hancur,” kata Edi Sunandar, Jumat (16/1/2015).

Selama ini kata dia,  pertambangan batubara memberikan royalti langsung ke pajak pusat sebagai bentuk bagi hasil sesuai diatur dalam undang-undang. Namun keuntungan langsung untuk daerah tak ada. Ada sumbangan pertambangan batubara namun diberikan pada pihak ketiga tidak ke pemerintah.

Dikatakannya terdapat  47 perusahaan melakukan eksploitasi batubara di Bengkulu dengan rata-rata produksi per tahun berkisar 1,5 juta ton. Dalam satu perusahaan mampu mendapatkan uang mencapai Rp 400 miliar.

“Coba hitung berapa keuntungan daerah jika aturan daerah dalam bentuk Perda yang mengatur kewajiban menyumbang PAD Rp 2000 saja per metrik ton misalnya, berapa ratus miliar daerah mampu kumpulkan PAD, tegasnya.

Sementara itu bentuk pertanggungjawab sosial perusahaan atau CSR perusahaan masih rendah kesadarannya. Ia menyontohkan, terdapat satu perusahaan pertambangan menghasilkan Rp 400 miliar per tahun namun CSR hanya Rp 1,5 miliar.

DPRD juga mengritik beberapa perusahaan mendapatkan rapor atau proper dengan kode merah atau melanggar dalam pengelolaan lingkungan serta indikasi ekspor illegal pertambangan tanpa masuk ke kas daerah.

“Dalam waktu dekat DPRD akan membahas itu semua bersama unsur terkait, dengan target Perda PAD dari pertambangan, CSR dan hal lain dianggap perlu,” pungkasnya.

Data BPS menunjukkan ekspor tertinggi dari Bengkulu berasal dari pertambangan batubara dengan negara tujuan seperti India.(kps)

Related

Songsong Kepemimpinan Berintegritas Era Society 5.0, Sespimma Lemdiklat Polri Gelar Seminar Sekolah

Kupas News – Untuk meningkatkan kemampuan kepemimpinan yang berintegritas...

Ratusan Nakes di Kota Bengkulu Terima SK PPPK

Kupas News, Kota Bengkulu – Sebanyak 264 orang tenaga...

Polisi Tangkap Pembuat Video Mesum Pasangan LGBT di Lebong

Kupas News, Lebong – Polisi menangkap BP (19) warga...

Sidang Isbat Putuskan Hari Raya Idul Fitri 22 April 2023

Kupas News, Bengkulu – Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian...

Polisi Ungkap Home Industri Senjata Api yang Sudah beroperasi Sejak 2012

Kupas News, Bengkulu – Polda Bengkulu ungkap pabrik pembuatan...