Beranda RELIGI Puasa Tunggu Keputusan Sidang Isbat 27 Juni

Puasa Tunggu Keputusan Sidang Isbat 27 Juni

0
Rukyatul Hilal dengan menggunakan teropong khusus
Rukyatul Hilal dengan menggunakan teropong khusus

kupasbengkulu.com – Tanpa terasa bulan suci Ramadhan 1435 Hijriyah akan tiba dalam beberapa hari kedepan. Jika berdasarkan hitungan kalender bulan Ramadhan 1435 Hijriah akan dimulai tanggal 28 Juni mendatang.

Namun menurut Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Bengkulu, H.Suardi Abbas, SH kepastian Ramadhan tersebut masih menunggu hasil sidang Isbat.

“Memang kalau berdasarkan kalender, tanggal 28 Juni sudah mulai puasa. Tapi sama seperti tahun sebelumnya kami akan melakukan Rukyatul Hilal atau melihat bulan terlebih dahulu. Diperkirakan Rukyatul Hilal dilaksanakan pada tanggal 27 Juni bertempat di di Grage Horizon,” kata Suardi.

Setelah melaksanakan Rukyatul Hilal, masing-masing Kemenag akan melaporkan hasil pengamatan melalui teropong tersebut pada Kementerian Agama. Beberapa saat setelahnya barulah digelar sidang Isbat yang membahas hasil pengamatan kemunculan bulan dari masing-masing daerah.

“Kalau seandainya nanti Ramadhan dimulai tanggal 28 Juni, maka sudah diketahui satu Syawal atau Idul Fitri pada tanggal 28 Juli. Tapi itu tadi agar tidak sanksi atau keliru perlu dilakukan Rukyatul Hilal terlebih dahulu,” pungkasnya.(beb)