Kamis, Februari 2, 2023

Saat Mantan Napi Membentuk Organisasi

Baca selanjutnya

Bekas Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan (BWBLP)  Bengkulu
Bekas Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan (BWBLP) Bengkulu

 

kupasbengkulu.com – Dahulu mereka dinamakan mantan narapidana dengan stigma negatif namun kali ini sebutan itu diganti untuk menghilangkan pandangan buruk yang terlanjur tumbuh ditengah masyarakat.

Kata narapidana diganti dengan Bekas Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan (BWBLP). Namun apa jadinya saat para BWBLP tersebut berkumpul menggelar konfrensi dan melahirkan sebuah organisasi di Bengkulu?

Demikianlah yang terjadi di Bengkulu, bahkan untuk Sumatera ini merupakan organisasi pertama yang dibentuk dari para BWBLP.

“Selama dua hari kami berkumpul dan akhirnya sepakat melahirkan sebuah perkumpulan yang kami berinama Perkumpulan Persaudaraan Bekas Warga Binaan Lapas Bengkulu (PPBB),” kata Sudirman yang didaulat menjadi ketua itu, Kamis (4/9/2014).

Sudirman diangkat berdasarkan musyawarah mufakat tidak kurang dari 30 orang BWBLP di Bengkulu.

Ia menambahkan visi dari PPBB tersebut yakni Pemberdayaan kepada seluruh anggota BWBLP, peningkatan kesejahteraan dan wadah silahturahmi, inspirasi dan aspirasi.

Sedangkan missinya ialah mengembangkan usaha ekonomi produktif, peningkatan kapasitas dan melakukan advokasi anggota.

Sudirman juga menjelaskan, dalam waktu dekat pihaknya akan segera menggelar pertemuan lanjutan guna membahas program kerja dan membangun jejaring organisasi.

“Kami ingin membuktikan pada masyarakat bahwa kami juga bisa dan mampu menyumbangkan ide, gagasan, dan juga aksi nyata guna mengisi pembangunan Indonesia, semoga pemerintah dapat memberikan kami ruang,” beber Sudriman.

Sementara itu Direktur Jendral Rehabilitasi sosial Tuna Sosial melalui Kasubdit Rehabilitasi sosial, Kementerian RI, mengaku siap membantu kebutuhan organisasi baru bagi BWBLP.(kps)

Dukung Program Pemutakhiran Data, Kepala Kantor Bahasa Temui Kadis Perpusda

Kupas News, Bengkulu - Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu (Kantor Bahasa) melaksanakan pertemuan lanjutan dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu terkait rencana pengembangan program...

Camat Enggano Kunjungi Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu Bahas Program RBD

Kupas News, Bengkulu – Kepala Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu menerima kunjungan Camat Enggano Susianto di ruang kerja Kantor Bahasa provinsi Bengkulu, Selasa, (31/1). Kunjungan...

Bulan Depan, Pertamina akan Uji Coba Full Cycle di Bengkulu

Kupas News, Bengkulu – Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel akan melakukan uji coba full cycle (penerapan program subsidi tepat secara menyeluruh) untuk memastikan pendistribusian...

Pemkot Bengkulu Apresiasi Kinerja Polisi Ungkap Kasus Pembunuhan Marbot

Kupas News, Kota Bengkulu – Pemerintah Kota Bengkulu memberi apresiasi dan penghargaan kepada anggota kepolisian yang telah berhasil mengungkap kasus pembunuhan terhadap seorang marbot...

Akibat Ngantuk, Pelajar di Kota Manna Tabrak Ambulance

Kupas News, Bengkulu Selatan – Diduga mengantuk saat mengendarai sepeda motor, satu orang pelajar di Bengkulu Selatan terlibat lakalantas dengan mobil ambulance di Jalan...
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

Terbaru