Jumat, Mei 24, 2024

Sering Gunakan Lensa Mata Beresiko Buta

soflen
soflen

kupasbengkulu.com– Empat tahun lalu, hadir inovasi di ranah kecantikan berupa kontak lensa yang dapat membuat bola mata terlihat lebih besar dari ukuran sebenarnya. Sampai saat ini, jenis kontak lensa yang disebut circle lensesini masih ditawarkan di pasaran, lengkap dengan berbagai pilihan warna.

Jenis lensa kontak ini sangat populer di kalangan wanita Asia, khususnya Asia Timur seperti Jepang, Korea, dan Tiongkok, dan di Indonesia.

Namun, seiring popularitas dan jumlah permintaan yang tinggi, sebenarnya para dokter telah memperingati bahwa lensa kontak yang menutupi bagian putih mata dapat menyebabkan infeksi serius dengan risiko buta.

Karen Riley, juru bicara US Food and Drug Administration (F.D.A), memberitahu New York Times bahwa jika membeli tanpa resep dari ahli mata, circle lenses beresiko membuat cidera pada mata hingga mengalami kebutaan. Namun, tampaknya masih banyak perempuan yang tak peduli akan risiko tersebut. Sebaliknya, lensa kontak jenis ini terus bertambah peminatnya.

Santos mengatakan, “Aku sangat menyukainya. Bagiku kontak lensa merah muda ini terlihat begitu alami, namun menakutkan. Halus tapi mengerikan. Aku sangat menyukainya karena memberikan tampilan sedikit merah muda yang bersinar, tanpa berlebihan,”.ujarnya.

Lensa kontak jenis ini dijual Pinky Paradise dengan warna beragam termasuk kuning, merah, biru, dan putih. Semua dibanderol dengan harga 20-30 US Dolar. Situs pembelian ini juga menjual kontak lensa jenis lain yang bisa membuat penampilan mata bak mata kucing yang tajam.

Kemudian, Eiden menjelaskan bahwa lensa kontak yang melebihi bola mata, dapat menghilangkan oksigen pada mata, dan menyebabkan masalah penglihatan.

Mengenai hal ini, Pinky Paradise sendiri pada situsnya menuliskan bahwa lensa kontak yang mereka jual umumnya aman dan disetujui oleh FDA di Korea. Namun tindakan pencegahan selalu dibutuhkan.

Nah.. guys semoga ini bermanfaat bagi kita yang sering menggunakan lensa mata tanpa anjuran yang tepat.(kha)

SUMBER : Kompas.com

Related

Penyanyi Asal Indonesia Berhasil Luluhkan Empat Juri Americans Got Talent

Kupas News – Kisah seorang penyanyi penyandang disabilitas asal...

Unib dan RSMY Kembangkan Fakultas Kedokteran Akreditasi Unggul

Kupas News, Bengkulu - Universitas Bengkulu dan RSUD M....

MoU DP3AP2KB Bersama RSHD Dukung Percepatan Penurunan Stunting

Kupas News, Kota Bengkulu - Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan...

Asnawi L Samat Sepakat PMI Bengkulu Bertransformasi Jadi Klinik Pratama

Kupas News, Bengkulu - Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mendorong...

Peringati Hari Ginjal, Gubernur Rohidin Ajak Masyarakat Atur Pola Makan Sehat

Kupas News, Bengkulu - Peringatan Hari Ginjal Sedunia atau...