Kamis, Maret 30, 2023

Solidaritas Rekan di Sidang, Ratusan Masyarakat Adat Dihadang Polisi

Baca selanjutnya

kupasbengkulu.com – Ratusan masyarkat adat yang mengaku berasal dari Suku Semende Banding Agung, Kabupaten Kaur hendak menghadiri sidang terhadap empat rekan mereka yang didakwa sebagai “perambah” dihadang dua pleton polisi.

“Iya di luar gedung pengadilan sempat terjadi aksi penghadangan oleh polisi terhadap ratusan amsyarakat yang hendak datang mendukung solidaritas terhadap empat rekan mereka,” kata pengacara warga adat, Fitriansyah, Kamis (13/3/2014).

Sidang lanjutan terhadap  empat orang warga yakni, Hamidi, Heri, H Rahmat dan Suraji, merupakan warga adat Semende Banding Agung yang menurut versi petugas adalah peramabah hutan, sementara versi warga adat mereka suku terdahulu yang menmpati wilayah Taman Nasiaonal Bukit Barisan Selatan (TNBBS) sebelum wilayah itu ditetapkan pemerintah pusat.

Agenda sidang kali ini adalah mendengarkan pembacaan putusan sela atas dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU), direncanakan pukul 10.00 WIB namun sidang hingga saat ini masih ditunda karena JPU tak kunjung hadir.

Kronologis persidangan berawal beberapa bulan yang lalu aparat gabungan kepolisian dan balai taman nasional melakukan razia di kawasan TNBBS. Petugas juga menangkap Hamidi, Heri, H Rahmat dan Suraji dengan tuduhan perambah.

Kapolres Kaur, AKBP. Dirmanto menyebutkan pihaknya hanya mengamankan proses persidangan tak ada pelarangan mereka untuk menyaksikan persidangan tersebut.

Ia juga menolak jika warga tersebut sebagai masyarakat adat karena menurutnya di Kabupaten Kaur tidak ada masyarakat adat.

“Mereka hendak menyaksikan rekan mereka yang disidang, tapi bukan masyarakat adat, di Kaur mana ada masyarakat adat,” demikian Dirmanto. (kps)

Asnawi L Samat Sepakat PMI Bengkulu Bertransformasi Jadi Klinik Pratama

Kupas News, Bengkulu - Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mendorong PMI Bengkulu bertransformasi menjadi Klinik Pratama Kesehatan. Hal ini merujuk pada tersedianya kantor dengan prasarana...

Ketua HPMPI Minta Pemerintah Serius Tangani Peredaran BBM Bersubsidi

Kupas News, Bengkulu - Maraknya penjualan Bahan Bakar Minyak (BBM) Penugasan (Subsidi) jenis pertalite masih terlihat dijual bebas di pinggir jalan. Kondisi seperti ini...

Pembangunan Titik Nol Perbaikan Jalan Bengkulu Selatan Dimulai

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah saat meninjau pembangunan Titik Nol Perbaikan Jalan di Bengkulu Selatan, Minggu 26 Maret 2023, Foto: Dok Kupas News, Bengkulu Selatan -...

Mengaku Ditipu Suami Pejabat, 2 Warga Kota Bengkulu Lapor Polisi

Kupas News, Kota Bengkulu – Dua orang warga Kota Bengkulu yakni Jon Akmal dan M. Rozi mendatangi Mapolresta Bengkulu atas perkara dugaan kasus penipuan...

Mengerucut, Berikut 10 Nama Calon KPU Provinsi Bengkulu

Kupas News, Bengkulu – Tim Seleksi KPU Provinsi Bengkulu secara resmi mengumumkan 10 besar calon KPU Provinsi Bengkulu periode 2023-2028. Pengumuman itu tertuang dalam...

Terbaru