Jumat, Juni 24, 2022

Sosialisasi Gemar Membaca, Agus : Ini Sebenarnya Kemunduran

Baca selanjutnya

agus
Budayawan Bengkulu Agus Setiyanto

kupasbengkulu.com – Budayawan Bengkulu Agus Setiyanto menilai, program ‘Gerakan Gemar Membaca’ yang digalakkan pemerintah pusat saat ini bahwasannya merupakan suatu kemundurun.

Hal ini dikarenakan di zaman para Wali terdahulu, mereka bukan hanya senang membaca, bahkan sudah menghasilkan buku bacaan sendiri, baik untuk konsumsi umum maupun pribadi.

“Kalau saat ini kita baru gencar-gencarnya sosialisasi gemar membaca, ini malah sebenarnya kemunduran. Karena orang dulu sudah sangat cinta membaca, bahkan sudah menulis, kita kok baru mau gemar membaca,” kata Agus, saat mengisi acara seminar di Perpustakaan Provinsi Bengkulu, Kamis (18/9/2014).

Menurut Agus, membaca adalah tolak ukur masyarakat yang maju. Orang yang sudah menghasilkan sebuah tulisan otomatis merupakan orang yang gemar membaca.

Dalam acara tersebut, Agus juga sempat menyanyikan kidung Jawa, yang kurang lebih artinya ‘Siapa yang tidak pernah belajar atau membaca pustaka akan sengsara dan bodoh seperti kerbau’.

“Untuk membangkitkan kembali budaya gemar membaca itu, masyarakat perlu dipacu, dirangsang, dimotivasi, bahkan diprovokasi bila perlu, agar masyarakat tidak hanya membaca, bahkan menulis buku,” lanjut Agus.

Ditambahkannya, di era modernisasi saat ini, yang mana gadget sangat mendominasi, Agus menyarankan agar perpustakaan senantiasa mengikuti perkembangan teknologi. Hal ini agar perpustakaan tidak semakin jauh ditinggalkan peminatnya.

“Perpustakaan terus berbenah diri. Bila perlu kita lengkapi jaringan internet di mana-mana, bahkan dengan sistem elektronik book (e-book), sehingga setiap orang memiliki perpustakaan sendiri di gadget-nya,” saran Agus menutup pembicaraan.(val)

Selamat Datang Airlangga

Kupas Artikel - Ucok mengangkat telepon dengan nada tergesa-gesa. Ia mungkin sangat terkejut tumben-tumben saya menelpon. “Siap bos” tutur Ucok menyambut telepon saya. Beberapa...

Bengkulu Tuan Rumah Open Swimming Championship 2022 se-Sumatera

Kupas News, Bengkulu - Gubernur Rohidin Mersyah membuka kejuaraan Bengkulu Open Swimming Championship se Sumatera Tahun 2022 di Kolam Renang Rafflesia Kota Bengkulu, Jum'at...

Wagub Rosjonsyah Terima Kunjungan Eks Gubernur Jabar

Kupas News, Bengkulu - Wakil Gubernur (Wagub) Bengkulu Rosjonsyah menerima audiensi mantan Gubenur Jawa Barat Ahmad Heryawan dalam rangka investasi di bidang Kopi Bengkulu...

JMSI Apresiasi Kesepakatan Dewan Pers dan Polri Cegah Polarisasi Pemilu 2024

Kupas News, Jakarta – Organisasi perusahaan pers Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) menyambut baik kesepakatan Dewan Pers dan Mabes Polri untuk memitigasi polarisasi yang...

Polemik PT. Pamor Ganda Kian Panas, DPW LIRA dan Perwakilan Masyarakat Temui GTRA Bengkulu

Kupas News, Bengkulu - Konflik warga Ketahuan vs PT Pamor Ganda belum tuntas, Gubernur Rohidin meminta para pihak terkait melakukan validasi data penerima kebun...

Terbaru