Tips Bagaimana Terhindar Dari Penyakit

0
115
Ilustrasi kesehatan, Foto: Dok/Alfridho Ade Permana

Salam Sehat, kita semuanya pasti tidak ingin cepat mudah sakit. Tapi beberapa di antara kita sering mengalami demam kemudian keesokannya bangun tidur pilek, nyeri pada tenggorokan, badan sakit semua, pegal pegal dan sebagainya.

Ya pada umumnya jika orang Indonesia bilang, “Saya Masuk Angin, Dok”.

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar terhindar dari berbagai penyakit. Terlebih saat imun tubuh mengalami penurunan, maka akan sangat mudah sekali tubuh kita diserang penyakit. Berikut tips agar terhindar dari penyakit:

Rajin Olahraga

Seperti diketahui olahraga itu selain meningkatkan sistem imun, meningkatkan kinerja dari sel darah putih juga dapat menurunkan level stress dari tubuh anda. Jadi idealnya olahraga itu dilakukan 3 sampai 5 kali dalam waktu seminggu. Lantas olahraga apa saja yang bisa dilakukan, menurut ahli kesehatan, bisa disesuaikan dengan usia dan berat badan anda.

Perbanyak Konsumsi Air Mineral

Air mineral yang cukup akan membantu memperbaiki metabolisme dan memperbaiki sistem imun. Mengkonsumsi air mineral dapat menetralisir racun-racun didalam tubuh. Kurang atau banyaknya kita mengkonsumsi air mineral bisa dilihat dari warna air seni. Jika warna kuning, kuning pekat, dan sangat pekat artinya hal itu menandakan kurangnya mengkonsumsi air  mineral.

Perbanyak Tidur

Menurut ahli kesehatan, manusia membutuhkan waktu tidur sekitar 6-8 jam. Jadi, bagi yang memiliki hobi bermain game dimalam hari, mungkin talking media sosial, sebaiknya dilupakan dan segera tidur. Karena ketika badan di istirahatkan (tidur) maka dapat mengurangi hal-hal negatif.

Manfaatnya adalah saat tidur tubuh dapat merecovery, sebab regenerasi sel dalam tubuh terjadi di malam hari. Apalagi bagi yang rutinitasnya kerja pagi-siang hari, aktifitas pertemuan mulai dari nongkrong, hangout dan lain –lain, maka malam hari adalah waktu yang terbaik untuk memperbaiki sel-sel tubuh.

Jika tidur cuma 2-3 jam setiap hari, ini menandakan kontraksi tubuh mengalami penuaan. Padahal dari segi usia mungkin masih 17-18 tahun. Namun jika kesehariannya kurang tidur tentunya hal ini juga sangat berbahaya bagi tubuh.

Selain itu, manfaat lainnya adalah sistem imun dan hormon anda juga dapat diperbaiki. Banyak dari mereka yang mengalami gangguan hormonal akibat sering begadang.

Rutin Membersihkan Handphone dan Tangan

Di zaman sekarang ini siapa yang tidak menggunakan handphone? Tentunya pakai semua. Namun apa hubungannya dengan kesehatan? Penjelasannya bahwa setiap hari tangan berinteraksi dimulai dari terima uang, berjabat tangan, buka pintu, handphone diletak di meja, taruh di lantai, maka hal ini akan mejadi sarang kuman, bakteri dan virus.

Sarannya adalah agar  selalu membersihkan handphone. Paling kurang membersihkan tangan setelah melakukan aktifitas. Jadi sebelum makan, mengucek mata dan sebagainya sebaiknya bersihkan dulu tangan. Karena semula tangan ini telah menjadi sarang kuman dan penyakit dari berbagai kegiatan yang dilakukan sehari-hari.

Kurangi Penggunaan Antibiotik

Di Indonesia, paling sering belanja antibiotik di apotik tanpa resep dokter. Hal ini menurut ahli kesehatan keliru. Gejala batuk, pilek, meriang, tidak enak badan, sebagian besar ini disebabkan oleh virus. Jadi apabila menggunakan antibiotik, itu percuma. Karena virus tidak akan mati dengan antibiotik. Kecuali, sudah masuk tahap infeksi bakteri baru anda bisa menggunakan antibiotik. Baiknya penggunaannya harus dikonsultasikan terlebih dahulu ke dokter. Tidak boleh asal beli.

Penggunaan antibiotik yang berlebihan ini dapat menyebabkan resistensi terhadap antibiotik. Dengan menggunakan antibiotik yang sama, kuman tersebut sudah kebal, jadi tidak mempan lagi.

Akhirnya grade antibiotik yang harus diminum adalah grade lebih tinggi. Tentu saja grade yang lebih tinggi mempunyai efek samping yang bisa dikatakan lebih besar.

Kurangi Stres

Stres itu juga tidak terlalu buruk, tapi jika kita setres dalam jangka waktu yang terlalu lama akan membentuk hormon kortisol, maka akhirnya sistem imun dalam tubuh akan menurun. Mungkin ada beberapa teman teman atau orangtua yang penyakitnya tidak sembuh-sembuh. Sedikit-sedikit badannya terasa sakit, sering pusing. Hal ini merupakan dampak dari stress.

Kurangi Alkohol

Meskipun merasa hangat ketika meminum alhkohol, namun kenyataannya temperature tubuh tidak naik. Justru jika mengkonsumsi alkohol dalam keadaan sakit, bahayanya hal ini dapat menyebabkan sistem imun jadi drop dan akan bertambah sakit.

Ada yang mengatakan bahwa alkohol itu dapat membunuh penyakit, ada juga yang mengatakan minum alkohol otomatis kumannya mati. Jawabannya adalah keliru, seberapa banyak pun anda meminum alkohol, kuman ditubuhtidak akan mati. Justru yang sebenarnya alkohol hanya digunakan untuk mencuci luka.

Kurangi Frekuensi Terpapar Udara Dingin

Di Indonesia terdapat dua musim yaitu ‘panas’ dan ‘panas sekali’ jadi tidak mungkin terpapar. Dari kedua musim ini pada umumnya suhu tubuh orang Indonesia 360 sampai 370 derajat. Air Conitioner atau biasa disebut Ac menjadi halpenting yang perlu diperhatikan, khususnya posisi ac saat kita duduk. Jika posisi kita membelakangi ac kemungkinan badan belakang kita akan terpapar terus dengan udara dingin. kemudian membuat anda flu dan akhirnya jatuh sakit.