Rabu, Mei 8, 2024

Hati-Hati! Penyakit Scabies Bisa Menyerang Manusia

hauliantua pohan
Kabid Kesehatan Hewan Distannakbunhut Kota Bengkulu Haulintua Pohan

kupasbengkulu.com – Kabid Kesehatan Hewan Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan dan Kehutanan (Distannakbunhut) Kota Bengkulu Haulintua Pohan mengungkapkan, pihaknya acap kali menemukan penyakit kulit pada hewan ternak, seperti kambing, sapi maupun kerbau. Penyakit kulit yang biasa menyerang hewan ternak adalah scabies, penyakit tersebut disebabkan kebersihan yang kurang terjaga.

Penyakit scabies adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh kutu atau tungau (Sarcoptes Scabei). Scabies menular dengan cepat pada suatu komunitas yang tinggal bersama, sehingga dalam pengobatannya harus dilakukan secara serentak dan menyeluruh. Scabies tidak hanya menyerang hewan, tetapi juga manusia.

“Kalau tidak menjaga kebersihan badan atau tempat tinggal, penyakit scabies tidak hanya menyerang hewan ternak tetapi juga dapat menyerang manusia. Apalagi orang yang bersentuhan langsung dengan hewan ternak yang mengidap scabies,” kata Pohan, Senin (29/9/2014).

Gejala Penyakit Scabies ditunjukkan dengan warna merah, iritasi dan rasa gatal pada kulit yang umumnya muncul di sela-sela jari, siku, selangkangan, dan lipatan paha. Gejala lainnya muncul gelembung berair pada kulit disertai munculnya garis halus berwarna kemerahan di bawah kulit. (beb)

Related

Atlet POPDA Seluma Berangkat Tanpa Fasilitas Pemerintah Daerah

Atlet POPDA Seluma Berangkat Tanpa Fasilitas Pemerintah Daerah ...

Dinamika Politik Seluma, 5 Parpol Non Parlemen Nyatakan Sikap Dukung Erwin Dua Periode

Dinamika Politik Seluma, 5 Parpol Non Parlemen Nyatakan Sikap...

BPS: Tingkat Kemiskinan Seluma Tertinggi Se-Provinsi Bengkulu

BPS: Tingkat Kemiskinan Seluma Tertinggi Se-Provinsi Bengkulu ...

KPU Kota Bengkulu Buka Pendaftaran Calon Perseorangan, Ini Jadwal dan Dokumen yang Harus Disiapkan

KPU Kota Bengkulu Buka Pendaftaran Calon Perseorangan, Ini Jadwal...