Bangun Sekolah Australia Bantu Rp 2 Miliar

0
85
titik nol
Titik Nol pembangunan sekolah bantuan Australia

kupasbengkulu.com – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Bengkulu memulai pembanguan gedung Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 25 yang berlokasi di Kelurahan Sumber jaya, Kecamatan Kampung Melayu, Kota Bengkulu. Pembangunan itu diawali dengan penentuan “Titik Nol”, sebelum akhirnya nanti secara resmi dilakukan peletakan batu pertama.

(Baca juga : September, Australia Bangun SMP di Kampung Melayu)

“Penentuan titik nol ini untuk menentukan ketinggian dasar bangunan, jarak pembangunannya, dan untuk membuat pondasi awal,” kata Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Kabid Dikdas), Gunawan PB, Senin (8/9/2014).

Pembangunan gedung sekolah di lahan seluas 1,5 Hektare (Ha) ini merupakan bantuan hibah kerjasama Indonesia dan Australia, yang mana sebelumnya telah dilakukan penandatanganan nota kesepakatan di bulan Mei 2014 lalu.

Anggaran dana yang dikucurkan untuk pembangunan ini sekitar Rp 2 Miliar. SMP Negeri 25 sendiri telah memiliki siswa sebanyak 30 orang, yang sementara menumpang belajar di SMK Negeri 6 Kota Bengkulu

“Pengerjaan bantuan ini diserahkan kepada masyarakat sekitar, dengan jumlah pekerja kurang lebih 60 orang. Untuk segala keperluan pembangunan sudah dipersiapkan, dan ditargetkan akan selesai pada bulan Desember 2014 mendatang,” kata Gunawan lagi.

“Pembangunan ini memang sengaja melibatkan masyarakat, agar masyarakat sekitar merasa memiliki karena dibangun untuk pendidikan anak cucu mereka,” tutup Gunawan. (val)