Beranda DAERAH BENGKULU TENGAH Banyak Pekerja Tidak Punya BPJS

Banyak Pekerja Tidak Punya BPJS

0

kupasbengkulu.com – Meski tercatat memiliki ribuan pekerja dari beberapa perusahaan dan pabrik, ternyata tidak sampai tiga puluh persen saja pekerja di Bengkulu tengah yang memiliki kartu BPJS (Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial). Para pekerja beralasan, pengurusan BPJS begitu rumit dan berbelit-belit, sehingga banyak diantara mereka yang memilih tidak mengurus kartu tersebut. Padahal, dengan mengurus BPJS, para pekerja akan dijamin hak-hak sosialnya, seperti yang diatur dalam Undang Undang (UU) nomor 24 tahun 2011 tentang BPJS.

Hal tersebut diakui oleh Ketua Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) daerah ini, Edi Haryono pada Kupasbengkulu.com. Kurangnya sosialisasi BPJS kepada para pekerja tentang untuk mengurus BPJS juga ditenggarai menjadi penyebab utama hal ini. “Hasilnya, banyak pekerja tidak punya BPJS, tentu jaminan sosial untuk mereka menjadi berkurang,”terang Edy.

Edy melanjutkan, sebelum ada BPJS, pihak pekerja rata-rata memiliki Jamsostek (Jaminan Sosial Tenaga Kerja). Meskipun para pekerja mengetahui bahwa BPJS ini kelanjutan dari Jamsostek, namun untuk mengurus Jamsostek dulu jauh lebih mudah.

“Mengurus Jamsostek mudah, seluruh pekerja rata-rata mengurus Jamsostek, sedangkan BPJS berbelit-belit,”pungkasny.(vai)