Senin, Mei 20, 2024

Ketua HPMPI Minta Pemerintah Serius Tangani Peredaran BBM Bersubsidi

Kupas News, Bengkulu – Maraknya penjualan Bahan Bakar Minyak (BBM) Penugasan (Subsidi) jenis pertalite masih terlihat dijual bebas di pinggir jalan. Kondisi seperti ini pun tentu menjadi warning bagi para pengusaha Pertashop, khususnya di Provinsi Bengkulu.

Ketua Umum Himpunan Pertashop Merah Putih Indonesia (HPMPI) Steven mengatakan terkait bebasnya penjualan BBM subsidi di eceran butuh perhatian serius dari pemerintah. Ia meminta pemerintah turun tangan mengawasi penyaluran BBM bersubsidi.

“Padahal kuota pembelian BBM subsidi dibatasi dan tidak dijual secara bebas. Tapi nyatanya saat ini BBM subsidi jenis Pertalite ini masih ada dipinggir jalan dan dijual bebas. Pemerintah dalam hal ini harus hadir dan serius menangani persoalan itu,” kata Steven di Bengkulu Utara, Senin, (27/3).

Kendati demikian, Steven mengharapkan pemerintah berkomitmen penuh dalam melaksanakan fungsi pengawasannya secara maksimal. Karena, menurut Steven, penjualan BBM subsidi secara bebas ini akan berdampak terhadap geliat penjualan BBM secara resmi di tingkat Pertashop.

“Kehadiran Pertashop ini bertujuan untuk menjangkau kebutuhan BBM masyarakat di pelosok. Analoginya jika masyarakat masih bebas mendapatkan BBM subsidi dieceran dengan harga yang beda tipis, lebih baik kesempatan yang sama diberikan kepada Pertashop untuk menjual BBM bersubsidi juga,” ungkapnya.

Pertashop merupakan penjual produk ritel Pertamina dan mitra pemerintah. Pertashop hadir secara legal mulai dari perizinan, perpajakan dan beberapa tahapan yang mengatur regulasi pembuatan pertashop.

“Kehadiran Pertashop ini juga jadi penyumbang pendapatan asli daerah (PAD). Harusnya pemerintah melindungi Pertashop dengan membuat payung hukum berupa perda yang mengatur penjualan BBM subsidi di tingkat daerah,” harapnya. [**]

Related

Personel Polres Mukomuko Ikuti Sosialisasi Pembinaan Etika Profesi Polri

Personel Polres Mukomuko Ikuti Sosialisasi Pembinaan Etika Profesi Polri ...

Ketua Panwaslu Kecamatan Tanjung Kemuning Lantik 44 Orang PTPS

Ketua Panwaslu Kecamatan Tanjung Kemuning Lantik 44 Orang PTPS   Tue,...

Alat Berat Diturunkan Atasi Longsor Jalur Lintas Curup-Muara Aman

Alat Berat Diturunkan Atasi Longsor Jalur Lintas Curup-Muara Aman ...

Pemprov Bengkulu Pastikan Mobilisasi Material Proyek ke Pulau Enggano Lancar

Pemprov Bengkulu Pastikan Mobilisasi Material Proyek ke Pulau Enggano...

Apel Perdana Tahun 2024, Bupati Kopli Pesankan Ini Kepada Seluruh ASN

Apel Perdana Tahun 2024, Bupati Kopli Pesankan Ini Kepada...