Kamis, Februari 29, 2024

Bapenda Genjot Pencapaian Target Pajak PBB

Kupas News – Pemerintah Kota Bengkulu melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) tengah mengupayakan pencapaian target pajak PBB yang telah ditetapkan. Dimana pajak tersebut akan menjadi biaya belanja daerah dan juga pembiayaan pembangunan.

“Untuk capaian realisasi PBB hingga Oktober 2021 mencapai 75 persen dari target 11 miliar. Terkait dengan seberapa tinggi antusiasme warga dalam membayar pajak PBB, kita menilai kesadaran tersebut harus terus dibina. Karena dalam pajak harus ada unsur “wajib” dan harus dilakukan dalam konteks pembayarannya,” ucap Kepala Bapenda melalui Kepala Bidang (Kabid) PBB dan BPHTB Gita Gama.

Ia juga mengungkapkan, keterlibatan pihak kecamatan dan kelurahan memang ada, tapi tak sepenuhnya.

“Terkait keterlibatan camat dan lurah, memang ada beberapa dari mereka yang pro aktif dalam membantu melakukan penagihan, pendataan dan pendistribusian SPTT PBB. Berdasarkan data, ada juga camat dan lurah yang kurang memiliki rasa kepedulian untuk membantu,” jelasnya.

Berbicara mengenai akankah bisa mencapai target yang telah ditetapkan sebesar 11M tersebut, Gita menilai agak sedikit berat, tetapi akan terus digenjot.

“Jika lebih didorong dan dimaksimalkan di akhir tri wulan ke-4 ini, meski tidak mencapai angka 100 persen maka diharapkan dapat mendekati angka tersebut,” tuturnya.

Sehubungan dengan hal tersebut, Gita menambahkan, seyogyanya memang harus terus melakukan sosialisasi.

“Ya, kita harus melibatkan seluruh stakeholder, masyarakat, komponen masyarakat, tokoh masyarakat, dan lembaga-lembaga kompeten yang berkaitan dengan orientasi pemerintah daerah dalam menggali potensi PAD, khususnya yang bersumber dari pajak bumi dan bangunan,” pungkasnya.

Editor: Irfan Arief

Related

Kadis PMD Kaur Ingatkan Peran Kepala Desa Jaga Kamtibmas

Kupas Bengkulu - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD)...

Resmi Dilantik, Berikut Susunan Pengurus APDESI Provinsi Bengkulu

Kupas Bengkulu  – Dewan Pengurus Daerah Asosiasi Pemerintah Desa...

JMSI Apresiasi Kesepakatan Dewan Pers dan Polri Cegah Polarisasi Pemilu 2024

Kupas News, Jakarta – Organisasi perusahaan pers Jaringan Media...

JMSI Bengkulu Selatan Peduli Bantu Sembako untuk Warga

Kupas Bengkulu - Pengurus Cabang Jaringan Media Siber Indonesia...

Ramadan IKA SeMaKu Gelar Silaturahmi dan Buka Bersama

Kupas Bengkulu - Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah sore kemaren...