oleh

BLH Gelar Lomba Kerajinan Daur Ulang dan Duta Lingkungan

istimewa
istimewa

kupasbengkulu.com – Badan Lingkungan Hidup Provinsi Bengkulu, Selasa (24/06/2014) akan menggelar lomba kerajinan daur ulang dan pemilihan duta lingkungan sebagai peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada 5 Juni 2014 lalu.

Acara ini bertema “Raise Your Voice, Not the Sea Level”, merupakan suatu ajakan kepada masyarakat untuk menyatukan langkah melindungi dunia dari perubahan iklim.

“Acara kerajinan daur ulang ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan, aktivitas, dan kreativitas, dalam mengelola barang bekas, seperti plastik, koran, dan lain-lain, yang tak terpakai menjadi barang yang bernilai ekonomi,” ujar Ketua Panitia penyelenggara, Kamar Zaman.

“Sementara lomba duta lingkungan ini bertujuan untuk melahirkan generasi muda yang peduli lingkungan sehingga dapat menyampaikan pesan mengenai lingkungan hidup dengan gaya anak muda yang lebih modern,” lanjut Zaman.

Diungkapkannya, peserta kerajinan daur ulang ini dibagi ke dalam kategori umum dan kategori sekolah binaan adiwiyata. Kategori umum sebagian besar diisi oleh peserta dari Badan Lingkungan Hidup Kabupaten/ Kota se-Provinsi Bengkulu.

“Ada lima instansi BLH kabupaten/ kota yang sudah mendaftar untuk lomba ini, serta 8 sekolah yang masing-masing mengirimkan kelompoknya. Mereka berasal dari sekolah binaan adiwiyata BLH, mulai dari tingkat SD, SMP, dan SMA,” tambahnya.

Dalam perlombaan ini para peserta harus membawa bahan mentah, barang setengah jadi, dan barang jadi. Mereka harus memperagakan cara pembuatan kerajinan daur ulang di hadapan para juri. Selanjutnya akan ditetapkan juara 1, 2, dan 3, yang akan mendapatkan hadiah menarik dan uang pembinaan. Tidak hanya itu, para pemenang nantinya akan dibawa untuk mengikuti lomba di tingkat nasional.

“Lomba ini baru pertama kali dilakukan di Provinsi Bengkulu. Pemenang akan dibawa ke tingkat nasional, namun ke depannya akan dilakukan lomba di tingkat kabupaten/ kota terlebih dahulu sebelum ke tingkat provinsi dan nasional,” tutupnya. (val)

Rekomendasi