oleh

Buka Bersama di Masjid Agung At-Taqwa

Suasana berbuka umat muslim Kota Bengkulu di Masjid At Taqwa Kelurahan Anggut.
Suasana berbuka umat muslim Kota Bengkulu di Masjid At Taqwa Kelurahan Anggut.

kupasbengkulu.com – Bulan suci ramadan, bulan penuh berkah dengan berbagai macam ibadah. Puasa adalah salah satu ibadah yang pokok di bulan ini.

Ibadah puasa mengajarkan banyak hal. Selain wujud ketaatan kepada sang pencipta, juga mengajarkan kepedulian terhadap sesama.

Berbuka puasa adalah salah satu anjuran Nabi Muhammad SAW bagi umatnya yang berpuasa. Buka puasa bersama merupakan salah satu wujud kebersamaan yang indah. Memberi makan orang berpuasa pun bernilai pahala. Pahala memberi makan orang berbuka setara dengan pahala berbukanya orang puasa.

Masjid Agung At-Taqwa Kelurahan Anggut Kota Bengkulu adalah salah satu contoh masjid yang menerapkan buka bersama yang dilakukan dengan jamaah setempat dan para musafir yang kebetulan singgah.

Berbagai aneka makanan kecil disediakan untuk jamaah dan musafir yang berbuka, ada onde-onde, risol, dan aneka kue lainnya yang tersaji di atas piring. Para jamaah menikmati hidangan berbuka dengan suka cita. Sesekali terdengar canda dan tawa renyah dari mulut mereka, seolah menggambarkan betapa hangatnya suasana saat itu.

“Makanan dan minuman untuk berbuka ini disediakan oleh masyarakat sekitar masjid. Biasanya banyak yang mampir ikut berbuka bersama. Setiap hari Ramadan mesti ada empat kepala keluarga yang menyumbang secara bergiliran. Kalau kurang, ya pengurus masjid dan jamaah sini yang menambahnya,” Ujar H. Zainal Mudlar, Ketua Pengurus Masjid Agung At-Taqwa Kelurahan Anggut.(cr2)

Rekomendasi