Beranda KULINER Cicipi Yuk ! Gulai Ikan Me’ale Khas Kaur

Cicipi Yuk ! Gulai Ikan Me’ale Khas Kaur

0
Gulai Ikan Me'ale, makanan khas Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu.
Gulai Ikan Me'ale, makanan khas Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu.
Gulai Ikan Me’ale, makanan khas Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu.

kupasbengkulu.com – Ikan Me’ale itulah nama ikan yang hidup di karang-karangan di laut dangkal Kabupaten Kaur. Ikan ini bentuknya sangat unik yakni warna dibadan ikan seperti tulisan arab. Dan ikan ini banyak terdapat di laut Kabupaten Kaur.

Ikan ini tidak besar ukuran lebar kira-kita paling besar itu sejengkal orang dewasa.

Saya pernah mencicipi ikan jenis ini, woww! Rasanya gurih sekali, dan mengandung banyak protein. Ikan me’ale ini tidak bersisik dan perutnya juga tidak usah dibuang karena ikan ini memakan rumpun laut yang bisa dimakan manusia.

Ikan jenis ini termasuk ikan mahal di Kaur, karena selain banyak diminati juga ikan ini ditangkap dengan cara menyelam dan memanah dengan alat tradisional, jadi tidak semua orang bisa menangkap ikan ini. Dan butuh keahlian menyelam dan memanah.

Ikan dimasak dengan santan, tapi tidak terlalu kental pembaca. Dengan bumbu yang digiling cara tradisional ini menambah rasa dan aroma yang sangat sedap, ikan digulai dengan sedikit rasa asam karena diberikan belimbing tunjuk atau tomat.

Hmmmm, aromanya menggugah selera untuk segera mencicipi dan pengen tahu rasanya datang aja kesini. Apalagi dimakan di pinggir pantai yang ditemani angin sepoi-sepoi, waah asiknya.

Penasaran dengan ikan Me’ale Kaur? Silahkan berkunjung ke Kota Bintuhan Kabupaten Kaur, dapatkan menu khas gulai Ikan Me’ale.(mty)