Sabtu, Juni 25, 2022

Dana Pembinaan Masyarakat Miskin Pemkot 2013 Hanya Rp186, 5 Juta

Baca selanjutnya

Pengemis di Simpang Empat Padang Harapan, Kota Bengkulu
Pengemis di Simpang Empat Padang Harapan, Kota Bengkulu

kupasbengkulu.com – Pada tahun 2013 lalu Program Pemberdayaan Fakir Miskin dan Panyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) melalui Dinas Sosial Kota Bengkulu sebesar Rp 186,5 juta.

Jumlah tersebut terdiri dari pendataan PMKS sebesar Rp 44,2 juta, bimbingan kepada Kelompok Usaha Bersama Ekonomi (KUBE) sebesar Rp 67,2 juta, pendampingan penanggulangan kemiskinan sebesar Rp 75 juta.

(Baca juga: Ini Rincian Belanja Balaikota Bengkulu 2013)

Rincian penggunaan anggaran tersebut sesuai Raperda Penjabaran Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran  Pendapatan dan Belanja Daerah Kota Bengkulu tahun Anggaran 2013.

Kepada kupasbengkulu.com Kepala Dinsos Kota, Drs. H.Sudarto Widyoseputro, M.Si mengatakan pihaknya memang mengalami kendala untuk menertibkan para pengemis daan anak jalanan (anjal) karena keterbatasan dana dan minimnya Sumber Daya Manusia (SDM).

Sehingga para pengemis yang masuk dalam kelompok fakir miskin tersebut belum tertata dengan baik. Sudarto menginginkan untuk kedepannya pengemis dan anak jalanan dapat dibina dalam bentuk pengembangan usaha dalam bentuk peminjaman modal usaha.

Sudarto juga menjelaskan, pembinaan yang dilakukan pihaknya tidak berperan banyak dalam pemberantasan pengemis dan anjal. Sebab pengemis dan anjal tersebut menolak dibina, meski diberi peluang usaha melalui kelompok usaha bersama dan pemberian modal.

“Pengemis dan anjal di Kota Bengkulu ini jumlahnya antara 30-40 orang, dari yang kami tertibkan itu yang mau dibina hanya 3 orang. Sedangkan sisinya memilih untuk tetap mengemis dan mengamen,” jelasnya.

Disisi lain, dana yang telah direalisasikan Dinsos untuk Program Pembinaan Panti Asuhan/Panti  Jompo sebesar Rp 559 juta. Dana itu terdiri dari rehabilitasi sedang/berat bangunan panti asuhan/jompo Rp 85 juta, operasi dan pemeliharaan sarana dan prasarana panti asuhan/jompo Rp 299,5 juta, termasuk peningkatan sarana dan prasarana panti sosial Rp 174,5 juta. (beb)

Polairud Gelar Lomba Tenis Meja Sambut HUT Bhayangkara

Kupas News, Kota Bengkulu - Semarak menyambut HUT Bhayangkara ke-76 terus digelorakan jajaran Polda Bengkulu dengan menggelar berbagai kegiatan. Sabtu, 25 Juni 2022, giliran...

Selamat Datang Airlangga

Kupas Artikel - Ucok mengangkat telepon dengan nada tergesa-gesa. Ia mungkin sangat terkejut tumben-tumben saya menelpon. “Siap bos” tutur Ucok menyambut telepon saya. Beberapa...

Bengkulu Tuan Rumah Open Swimming Championship 2022 se-Sumatera

Kupas News, Bengkulu - Gubernur Rohidin Mersyah membuka kejuaraan Bengkulu Open Swimming Championship se Sumatera Tahun 2022 di Kolam Renang Rafflesia Kota Bengkulu, Jum'at...

Wagub Rosjonsyah Terima Kunjungan Eks Gubernur Jabar

Kupas News, Bengkulu - Wakil Gubernur (Wagub) Bengkulu Rosjonsyah menerima audiensi mantan Gubenur Jawa Barat Ahmad Heryawan dalam rangka investasi di bidang Kopi Bengkulu...

JMSI Apresiasi Kesepakatan Dewan Pers dan Polri Cegah Polarisasi Pemilu 2024

Kupas News, Jakarta – Organisasi perusahaan pers Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) menyambut baik kesepakatan Dewan Pers dan Mabes Polri untuk memitigasi polarisasi yang...

Terbaru