Rabu, Agustus 17, 2022

Gubernur Rohidin Mersyah Punya Kans Jadi Menteri Kabinet Presiden Terpilih

Baca selanjutnya

Oleh: Benny Hakim Benardie

“Tidak ada yang kebetulan di muka bumi ini. Semuanya kepastian yang merupakan ketentuan  Tuhan”.

Provinsi Bengkulu Sejak gubernur pertama, Ali Amin masa jabatan 1968-1974 hingga gubernur yang kesembilan, Ridwan Mukti yang hanya dapat  bertahan selama lima bulan, belum ada yang ‘dipinang’  untuk menjabat menteri di kabinet Presiden Republik Indonesia terpilih.

Bagaimanakah dengan Gubernur Bengkulu ke-10, Dr. drh. H. Rohidin Mersyah, M.MA?  Seorang intelektual dan birokrat kelahiran  Gelumbang, Kota Manna, Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu, pada 9 Januari 1970 silam. Gubernur Bengkulu sejak 10 Desember 2018.

Menariknya dari sosok alumni Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gajah Mada Yogyakarta Tahun  1990 ini, siap meninggalkan statusnya sebagai Pegawai Negeri Sipil, dan terjun kekanca politik praktis.

Meskipun saat itu, karier kepegawaiannya cemerlang. Mulai dari Kepala Poskeswan Kabuten Bengkulu Selatan (1998), Kasubag Program  Kerja Bagian Pembangunan Bengkulu Selatan  (2006). Kabid Perencanaan Ekonomi Bappeda Bengkulu Selatan (2008), Kabid Perencanaan Fisik Prasarana Benglkulu Selatan (2009).

Baru Tahun 2010-2015, Strata II  Manajemen Agribisnis Institut Pertanian Bogor (IPB) ini bersikap dan memutuskan terjun dalam politik praktis. Ketentuan Tuhan Yang Maha Esa berlaku. Wakil Bupati Bengkulu Selatan periode 2010 – 2015 diraihnya. Melaju  menjadi Wakil Gubernur Bengkulu dan pelaksana tugas gubernur Tahun 2016 – 2018, hingga kini 10 Desember 2018, strata III  Pengelolaan SDA & Lingkungan ini   dilantik menjadi Gubernur Provinsi Bengkulu.

Pertanyaannya adalah, apa yang menarik dan prediksi mempunyai kans untuk dipilih menjadi salah satu menteri di Kabinet Presiden RI terpilih nantinya? Selain keilmuan yang mempuni,karakter yang selalu komitmen pada perkataan. Sikap tidak akan melakukan sesuatu bila itu tidak dapat tuntas dan berkemajuan. Paling utama dan piawainya adalah, sebagai Gubernur Bengkulu, Dr. drh. H. Rohidin Mersyah, M.MA tampak profesional dan proporsional.

Dr Rohidin Mersyah tetap independen saat dirinya dalam kapasitas gubernur dan kepala daerah. Disisi lain, dirinya akan melakukan tugas kepartaian, sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Golkar. Ini sudah merupakan aksioma.

Uniknya pada salah satu tokoh Provinsi Bengkulu ini, meskipun dirinya aktifis di Muhammadiyah, tapi dirinya dekat dengan kalangan Nahdatul Ulama dan Ormas keagamaaan lainnya. Belum lagi terbukti  kedekatannya pada beberapa tokoh nasional, sebagai sesama anak bangsa. Termasuk pada tokoh adat dan budaya yang ada di nusantara ini

Sebagai catatan, penulis mengamati, apa dan siapapun sesorang, tentunya karekteristik dalam bersikap dan tindak,   tak akan jauh dari keilmuan yang dimiliki dan dikuasai seseorang.

Dr. drh. H. Rohidin Mersyah, M.MA  kini ketua Tim pemenangan Calon Presiden Jokowi- Ma’ruf Amin. Dia merupakan ilmuan, praktisi dan politisi  kini memimpin birokrasi di Provinsi Bengkulu.  Sebagai anak bangsa, dirinya juga dekat dengan para tokoh yang ada di Calon Presiden Prabowo-Sandi.

Sekelumit yang terungkap diatas,  itulah yang menyakinkan kalau sosok Dr. drh. H. Rohidin Mersyah, M.MA  dapat ditunjuk sebagai menteri, yang merupakan jabatan politik, yang memegang suatu jabatan publik signifikan dalam Pemerintah Republik Indonesia. Ini ada korelasinya dengan misinya yangsedang digalakannya,   untuk mewujudkan masyarakat Provinsi Bengkulu yang maju, sejahtera dan bermartabat.

Wartawan tinggal di Provinsi Bengkulu

Harga Sawit Merangkak Naik, Cangkang Sawit Jadi Nilai Tambah

Kupas News, Bengkulu – Harga Tandan Buah Segar (TBS) di Provinsi Bengkulu ditetapkan terendah Rp1.511 dan Harga Tertinggi Rp2.020 per Kg dengan toleransi harga...

Keluarga Korban Sodomi Polisikan Oknum Pensiunan ASN

Kupas News, Rejang Lebong – Unit Reskrim Polsek Bermani Ulu Polres Rejang Lebong menangkap seorang oknum pensiunan Aparatur Sipil Negera (ASN) di Kabupaten Rejang...

Kanwil Kemenkumham Bengkulu Sosialisasikan Kekayaan Intelektual Manusia

Kupas News, Bengkulu – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kakanwil Kemenkumham) Provinsi Bengkulu Erfan mengatakan, kekayaan intelektual adalah hak yang...

54 Paskibraka Bengkulu Siap Kibarkan Merah Putih 17 Agustus Besok

Kupas News, Bengkulu – Setelah melalui seleksi dan pemusatan latihan, sebanyak 54 Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Provinsi Bengkulu Tahun 2022 dikukuhkan Gubernur Rohidin...

Garda Rafflesia Minta APH Usut Proses Lelang Puskesmas Pondok Suguh

Kupas News, Bengkulu – Proses lelang Renovasi-Penambahan Ruang Persalinan Puskesmas Pondok Suguh Tahun 2022 di Dinas Kesehatan Mukomuko turut menjadi perhatian aktivis lembaga swadaya...

Terbaru