Selasa, Mei 28, 2024

Ini Dia Jumlah CJH yang Diprioritaskan Berangkat Haji

Foto : Etri Hayati
Foto : Etri Hayati

kupasbengkulu.com – Setelah sempat tertunda tahun la lalu, pada musim haji tahun ini pemberangkatan haji untuk 280 Calon Jemaah Haji (CJH) akan diprioritaskan. Hal tersebut diungkapkan Kabid Haji dan Umroh Kemenag Provinsi Bengkulu, Drs. H. Zahdi Taher, MHI.

Zahdi menjelaskan ditundanya pemberangkatan 280 CJH tahun lalu dikeranakan pengurangan kuota sebanyak 20 persen. Untuk kouta Provinsi Bengkulu yang seharusnya sebanyak 1.416 jemaah dikurangi menjadi 1.292 jemaah.

Seperti diketahui, pengurangan kuota merupakan instruksi langsung dari Pemerintah Arab Saudi, karena pihaknya sedang melakukan perluasan komplek Masjidil Haram. Informasinya pengurangan kuota sebanyak 20 persen masih akan dilakukan hingga tahun 2016 mendatang.

“Untuk penyelenggaraan haji tahun ini, 280 CJH yang tahun lalu seharusnya berangkat, namun belum bisa berangkat itu akan kami prioritaskan,” kata Zahdi.

Sementara CJH yang batal menunaikan ibadah haji tersebut tersebar di 9 kabupaten dan 1 kota. Di Kota Bengkulu sebanyak 51 jemaah, Kabupaten Bengkulu Utara 39 jemaah, Bengkulu Selatan 23 jemaah. Sementara di Kabupaten Rejang Lebong sebanyak 39 jemaah, Kabupaten Mukomuko 28 jemaah, Kabupaten Seluma 33 jemaah.

Di Kabupaten Kaur sebanyak 22 jemaah, Kabupaten Kepahiang 20 jemaah, Kabupaten Lebong 11 jemaah serta di Kabupaten Bengkulu Tengah sebanyak 14 jemaah. (beb)

Related

Sebanyak 9 KPM Desa Suka Mulya Terima BLT-DD Tahap II

Sebanyak 9 KPM Desa Suka Mulya Terima BLT-DD Tahap...

Pemprov Dukung Era Society 5.0 Dalam Upaya Menyiapkan SDM Berdaya Saing

Pemprov Dukung Era Society 5.0 Dalam Upaya Menyiapkan SDM...

Kabupaten Lebong Raih Digital Government Award 2024 di Jakarta

Kabupaten Lebong Raih Digital Government Award 2024 di Jakarta ...

Kades Talang Rendah Sulit Dikonfirmasi Usai Bantuan Pengadaan Unggas Ditolak Warga

Kades Talang Rendah Sulit Dikonfirmasi Usai Bantuan Pengadaan Unggas...

Lebong Meraih Penghargaan Sebagai Kabupaten Terbaik Se-Sumatera dalam Digitalisasi SPBE

Lebong Meraih Penghargaan Sebagai Kabupaten Terbaik Se-Sumatera dalam Digitalisasi...