Beranda GAYA HIDUP Ini Dia Tips Pacaran Jarak Jauh Atau LDR

Ini Dia Tips Pacaran Jarak Jauh Atau LDR

0
foto: Istimewa
foto: Istimewa
foto: Istimewa

kupasbengkulu.com – Long Distance Relationship (LDR) atau yang lebih sering kita dengar dengan istilah hubungan jarak jauh adalah hubungan yang di batasi jarak antar pasangan. Hubungan jarak jauh adalah saat dimana pasangan terpisah dengan pasangannya, bisa saja di daerah,kota,negara ataupun benua yang berbeda. Intinya, hubungan jarak jauh adalah hubungan yang dilakukan oleh pasangan beda domisili.

Hubungan jarak jauh rentan dengan perselingkuhan dan kecurigaan.Hanya sedikit dari pelaku LDR yang berhasil sampai ke jenjang pernikahan.Tapi hal ini tidak menjadikan pelaku LDR semakin sedikit. Karena faktanya pelaku LDR justru semakin banyak dari tahun ke tahun.

Banyak faktor yang menjadikan seseorang memilih untuk menjalani hubungan jarak jauh. Ada pasangan yang tiba-tiba menjalani LDR ditengah hubungan. Ada juga yang menjalani LDR dari awal hubungan mereka. Contohnya saja sih A dan sih B, sih A dan sih B sudah pacaran selama enam bulan dan semuanya berjalan baik. Tapi tiba-tiba sih B yang basicnya bekerja si kantor pemerintah harus dipindah tugaskan ke luar kota untuk beberapa tahun. Dalam situasi ini ada dua pilihan.

Memutuskan hubungan atau melanjutkan hubungan dengan LDR. Dalam hal ini tentu saja hati dan logika bercampur aduk. Tapi jika memang kedua pasangan yakin dan mampu menjalaninya, LDR bukanlah pilihan yang salah. Dalam LDR kita diajarkan untuk menjadi lebih percaya kepada pasangan, kita juga diharuskan menjaga ego masing-masing. Karena tidak semua pasangan sanggup menjalani LDR, ada banyak hal yang harus kita ketahui agar kita bisa menjalani hubungan jarak jauh dengan sisi yang positif.

Tips-tips ampuh dalam menjalani LDR atau hubungan jarak jauh :

1. Hindari Persepsi !
Persepsi adalah pemikiran yang muncul ketika kita menerka sesuatu yang sedang terjadi. Dan biasanya persepsi 90% kearah yang negatif. Sehingga tidak jarang akan merusak hubungan. Misalkan pacar tidak memberi kabar seharian, biasanya kita akan berpresepsi yang bukan-bukan tentang sih pacar yang belum tentu benar.

2. Tetaplah berpikir Positif
Berpikir positif akan membawa hubungan ke arah yang positif pula.

3. Kepercayaan
Hubungan yang baik adalah hubungan yang kental dengan kepercayaan. Setiap pasangan akan mengalami masa-masa sulit. Mempercayai pasangan bukanlah hal yang salah, karena dengan percaya hati kita akan lebih tenang. Bukan berarti kita harus sepenuhnya percaya pada alasan-alasan pasangan begitu saja. Kepercayaan juga harus di selangi dengan logika.

4. Jangan mudah terhasut
Biasanya dalam menjalani hubungan jarak jauh, semakin jauh jaraknya semakin besar pula rasa kecurigaan yang akan timbul. Dan akan ada orang-orang yang menjadi pengadu domba antara kita dan pasangan. Ada yang disengaja ada juga yang tidak disengaja. Hal yang harus diperhatikan jika mulai mendengar hal miring tentang pasangan adalah jangan emosi. Percayalah, tidak semua yang kita dengar sama dengan apa yang kita lihat. Dari pada langsung percaya dan marah-marah ke pacar, lebih baik kita cari tau sendiri kebenarannya.

5. Meminimalisasi EGO
Ego adalah hal yang sangat mempengaruhi suatu hubunga, jangan memaksakan kehendak. Hubungan diajalani oleh dua orang yang notabennya adalah dua orang yang memiliki pola pikir yang berbeda. Memaksakan ego adalah hal yang salah dalam suatu hubungan.Cobalah bersikap adil terhadap pasangan.

6. Belajar sabar
Sabar memang bukanlah yang yang mudah dipelajari, tidak ada teori menyangkut kesabaran. Dalam LDR kita membutuhkan sejuta kesabaran. Apalagi dalam LDR kita dan pasangan akan lebih sulit bertemu, intensitas pertemuan akan menjadi sangat jarang. Disinilah kesabaran sangat dibutuhkan.

7. Sempatkan mengabarinya
Sesibuk sibuknya anda, ingatlah bahwa ada seseorang nun jauh diluar sana yang membutuhkan kabar dari anda. Jangan membuatnya cemas, dia mengkhawatirkan anda. Luangkan sedikit waktu untuk menelphone atau sekedar mengirim pesan padanya. Katakan kalau anda baik-baik saja disana.

8. Sempatkan bilang ” I LOVE YOU “
Hubungan memang bukan hanya mengenai kata-kata indah, tapi dalam LDR bukanlah hal yang mudah untuk memberikan perhatian berupa tindakan. Cukup ingatkan dia bahwa anda sangat mencintainya, jangan biarkan jarak memudarkan rasa cinta pasangan anda. Buatlah dia merasa bahwa apa yang telah kalian jalani selama ini tidak akan berakhir sia-sia.

9. Hindari niat untuk berselingkuh
Percayalah! apa yang anda lakukan pada pasangan anda tanpa anda sadari itu juga yang akan anda dapatkan kelak.Jika merasa sudah tidak sanggup, bicarkan baik-baik. Lebih baik putuskan hubungan baik-baik daripada harus menyelingkuhinya.

10. Yang terpenting adalah JANGAN MERASA SENDIRI!
“Kenapa hanya aku yang mengalami hal ini? ” adalah kalimat yang SALAH !
Buka mata anda, cobalah ikut komunitas di jejaring sosial yang berhubungan dengan LDR. Anda tidak sendirian, bukan hanya anda yang mengalami rasa jenuh, rindu dan kesulitan untuk bertemu. Ada banyak orang diluar sana yang mengalami hal yang sama. Ada yang satu tahun tidak bertemu bahkan ada yang hingga tiga tahun. Mereka akan menyadarkan anda bahwa anda tidak sendiran. (vee)

SUMBER: Kliksayang.com