Selasa, Mei 28, 2024

Ini Harapan Masyarakat ‘Batavia Kecil’

Lebong Tandai
Beginilah kondisi jalan menuju Batavia Kecil

Bengkulu Utara, kupasbengkulu.com – Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Lebong Tandai atau ‘Batavia Kecil’ Kecamatan Napal Putih Kabupaten Bengkulu Utara Ansori mengatakan, upaya pihak pemerintah dalam pemerataan pembangunan masih jauh apa yang diharapkan.

Kesenjangan yang sangat dirasakan, kata dia, dibidang infrastruktur berupa jalan dan gedung pendidikan.

“Jalan penghubung untuk menuju desa lain masih menggunakan transportasi dengan menggunakan Molek (Motor Ekspress) . Kemudian, untuk masyarakat yang ingin menyekolahkan anaknya ketingkat SMP terpaksa harus sekolah diluar desa,” ungkap Ansori.

Dia menjelaskan, berbagai upaya untuk mendapatkan pembangunan, pemerintah desa sudah menyampaikan surat permohonan. Baik itu dengan pihak pemerintah kecamatan maupun pemerintah kabupaten.

Namun, realisasi permohonan tersebut sampai sejauh ini belum ada wujud nyata. Janji-janji yang disampaikan oleh pihak pemerintah daerah untuk membangunan rel permanen untuk kebutuhan transportasi terlupakan.

“Hak untuk mendapatkan hidup di negara ini sudah diatur dalam undang-undang. Sudah puluhan tahun, Desa lebong Tandai tidak ada perhatian dari pihak pemerintah untuk melaksanakan pembangunan. Kita membutuhkan penambahan sekolah berupa SMP dan SMA. Dengan demikian, kedepannya, masyarakat dan anaknya tidak harus sekolah keluar desa. Untuk sekolah diluar desa biayanya mahal,” kata Ansori.

Lain hal yang dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Bengkulu Utara Haryadi melalui Sekretaris Eka Hendriyadi Sabtu (17/01/2015) kepada kupasbengkulu.com membantah, pihak pemerintah tidak mengakomir permohonan dari pihak pemerintah desa untuk mendapatkan pembangunan sekolah. Eka mengatakan,untuk membangun sekolah di desa tersebut diperlukan pengkajian. Karena, mendirikan sekolah dibutuhkan analisa yang tepat. Seperti jumlah masyarakat dan anak usia sekolah.

“Pemerintah tetap akan melakukan pembangunan secara merata. Namun, diperlukan pengkajian lebih matang. Sekolah didirikan,kalau jumlah muridnya sedikit,sama halnya mubazir. Sekolah SD di desa itu sudah ada. Persoalan untuk melanjutkan ketingkat SMP,di kecamatan ada,” demikian Eka.(jon)

Related

Bhabinkamtibmas Polsek Ketahun Gelar Sosialisasi Saber Pungli

Kupas News, Bengkulu Utara – Polres Bengkulu Utara melalui...

Polisi Lakukan Pengamanan Ibadah Paskah di Gereja Arga Makmur

Swafoto Bhabinkamtibmas Polres Bengkulu Utara saat melakukan pengamanan Ibadah...

5 Desa di Bengkulu Utara Terima Bantuan dari Polsek Batik Nau

Kapolsek Batik Nau saat menyerahkan bantuan kemanusiaan di Bengkulu...

Polisi Sita Puluhan Liter Minuman Tuak di Bengkulu Utara

Anggota polsek Lais saat menunjukan hasil sitaan minuman keras...

Bank Indonesia dan Komisi XI DPR RI Sosialisasikan QRIS di Arga Makmur

She Asa Handarzeni saat mengisi materi pada acara kegiatan...