oleh

Jelang Lebaran, PU Kota Maksimalkan Perbaikan Jalan

Kepala Dinas PU Kota, Ir.H.Darmawansyah, MT
Kepala Dinas PU Kota, Ir.H.Darmawansyah, MT

kupasbengkulu.com – Menjelang Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Bengkulu terus mengupayakan perbaikan jalan hingga akan memperlancar arus lalu-lintas di Kota Bengkulu. Kepala Dinas PU Kota, Ir.H.Darmawansyah, MT, meyakinkan sebelum lebaran mendatang jalan poros di Kota Bengkulu telah tuntas dikerjakan.

“Kami targetkan sebelum lebaran pengerjaan jalan poros dan kolektor semuanya sudah mantap dan masyarakat dalam melewati jalan itu tanpa kendala. Ada banyak jalan poros yang sudah kami kerjakan, diantaranya Jalan Cendana, Jalan Mangga Jalan Semarak dan Jalan Tribrata,” jelas Darmawansyah.

perbikan di beberapa ruas jalan dalam Kota Bengkulu
perbikan di beberapa ruas jalan dalam Kota Bengkulu

Ia menerangkan di tahun ini ada 4 paket pekerjaan jalan yang dibiayai oleh Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Alokasi Umum (DAU). Empat paket tersebut semuanya telah dikerjakan, pihaknya menargetkan seluruh pekerjaan jalan tuntas November mendatang.

Hal senada pun diungkapkan Kabid Bina Marga, Ir.Nuriansyah. Menurutnya prioritas pengerjaan jalan difokuskan pada jalan yang kondisinya sudah sangat memprihatinkan agar mempermudahkan masyarakat untuk melewati jalan itu. Salah satu ruas jalan yang sedang dikerjakan saat ini adalah Jalan Zainul Arifin yang berada tepat didepan Mess Kompi.

perbaikan ruas jalan dalam Kota Bengkulu dilakukan Dinas PU
perbaikan ruas jalan dalam Kota Bengkulu dilakukan Dinas PU

Bentuk pengerjaan jalan tersebut adalah meninggikan median jalan, sehingga sama rata dengan kondisi jalan yang ada disisi depan dan belakangnya. Pekerjaan tersebut juga menutupi lubang-lubang akibat lindasan kendaraan bertonase tinggi, seperti truk.

Peningkatan mutu jalan akan terus dilakukan hingga 2017. Di Kota Bengkulu terdapat 2.143 ruas jalan dengan total panjang 1.145 Kilomter. Pada tahun 2013 pembangunan dan peningkatan jalan baru dilakukan pada 147 ruas jalan, sedangkan pada tahun ini pembangunan dan pengingkatan jalan ditujukan pada 451 ruas jalan. Sehingga fokus pengerjaan baru dilaksanakan pada 598 ruas jalan, sedangkan 1.545 ruas jalan sisanya akan dilaksanakan secara bertahap hingga tahun 2017 mendatang.

Untuk tahun ini disiapkan anggaran perbaikan dan peningkatan jalan kota sekitar Rp 80 miliar. Berdasarkan kontrak pekerjaan perbaikan dan pelebaran jalan telah dialaksanakan terhitung tanggal 13 Maret 2014.(beb/adv)

Rekomendasi