Beranda DAERAH BENGKULU Dana Samisake Sudah Dicairkan Rp 14,4 Miliar

Dana Samisake Sudah Dicairkan Rp 14,4 Miliar

0
Kepala UPTDSamisake, Beni Alamsyah
Kepala UPTDSamisake, Beni Alamsyah
Kepala UPTDSamisake, Beni Alamsyah

kupasbengkulu.com – Sejauh ini, Pemerintah Kota Bengkulu telah mengucurkan dana Rp 14,4 miliar untuk pelakanaan program bantuan dana bergulir Satu Miliar Satu Kelurahan (Samisake), dari total 67 miliar yang dijanjikan. Dana tersebut sudah dikucurkan kepada masyarakat di 61 kelurahan.

“Dari total 67 miliar yang dijanjikan, sudah 14,4 miliar yang dicairkan. Semuanya menyebar di 61 kelurahan,” ujar Kepala UPTDSamisake, Beni Alamsyah, Kamis (17/04/2014).

Di samping itu, disebutkan Beni, sejauh ini masih ada enam kelurahan yang belum mendapat bantuan Samisake. Enam kelurahan tersebut antara lain, Muara Dua, Anggut Atas, Anggut Bawah, Sumur Melele, Tengah Padang, dan Padang Nangka, yang mana pemerintah mengupayakan pencairan dalam 1-2 bulan ke depan.

“Memang masih ada enam kelurahan yang belum mendapat bantuan Samisake karena LKM di kelurahan tersebut belum melengkapi administrasi, sehingga dana Samisake tidak bisa dicairkan. Namun dari pemerintah tetap berupaya agar dalam 1-2 bulan mendatang kelurahan tersebut dapat menikmati dana Samisake,” sambung Beni.

Selain itu, kata dia, sudah ada pengembalian dana Samisake dari masyarakat. Pengembalian dengan bunga 0,5 persen tersebut akan digulirkan kembali ke masyarakat hingga dana yang disalurkan mencapai 67 miliar dalam waktu lima tahun.

“Kita terus melakukan evaluasi, baik dari segi pengembalian maupun perkembangan usaha. Diharapkan kepada masyarakat yang menerima bantuan Samisake agar melakukan pengembalian dengan lancar, sehingga dana ini bisa terus digulirkan,” tutupnya. (val/***)