Kamis, Mei 30, 2024

Kadisdukcapil Kota Bengkulu Minta Warga Segera Urus KTP Digital

Kadisdukcapil Kota Bengkulu Minta Warga Segera Urus KTP Digital

Fri, 11/17/2023 – 11:08

Gambar ilustrasi imbauan KTP Digital, Foto: Dok 

Kupasbengkulu.com – Sebanyak 11.367 warga Kota Bengkulu tercatat menggunakan Identitas Kependudukan Digital (IKD) atau KTP Digital dari target 25 persen atau kisaran 27.000. 

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bengkulu Widodo, Kamis (16/11/2023). Ia meminta bagi masyarakat yang ingin mengurus dokumen adminduk di dukcapil akan diarahkan mendownload aplikasi KTP digital untuk pendaftaran akun.

Selain itu, Dinas Dukcapil Kota Bengkulu juga rutin melakukan jemput bola ke sejumlah tempat seperti ke sekolah menengah atas guna membantu memenuhi dokumen adminduk bagi masyarakat.

“Target kita kan 25 persen. Jadi terkait ini, masyarakat kita minta apabila ada yang melakukan perekaman data langsung melakukan perekaman IKD juga,” ungkapnya.

Disdukcapil juga terus mendorong masyarakat untuk menggunakan IKD. Hal tersebut bertujuan agar Kota Bengkulu siap dalam pergeseran ke era digitalisasi.

Untuk itu, pihaknya terus mengimbau semua masyarakat Kota Bengkulu agar bisa mengikuti anjuran dari pemerintah tentang pendaftaran IKD untuk menyukseskan program nasional.

“Aplikasi tersebut tidak berbayar dan untuk masyarakat yang mendaftar Dukcapil siap membantu mereka, baik dengan sistem jemput bola dan datang ke kantor,” tambahnya.

Widodo juga menjelaskan keunggulan mengaktifkan identitas kependudukan digital ini adalah mempermudah verifikasi diri tanpa harus membawa KTP fisik, mempermudah akses pelayanan publik dan data anggota keluarga.

“Tentunya banyak kelebihan serta lebih aman dari pemalsuan data penduduk dan tidak perlu takut lagi jika KTP hilang,” pungkasnya mengkahiri.

Reporter: Alfridho Ade Permana

Kota Bengkulu

 

Related

Tembus Seleksi Paskibraka Tingkat Nasional, Teddy Wijakso Terinspirasi Sang Kakak

Tembus Seleksi Paskibraka Tingkat Nasional, Teddy Wijakso Terinspirasi Sang...

Setiap Dua Pekan Satu Bahasa Daerah Hilang

Setiap Dua Pekan Satu Bahasa Daerah Hilang ...

Pemerintah Desa Balam Gelar Sosialisasi Hukum untuk Aparatur Desa

Pemerintah Desa Balam Gelar Sosialisasi Hukum untuk Aparatur Desa ...

Pemprov Bengkulu Kembali Raih WTP untuk yang Ketujuh Kalinya

Pemprov Bengkulu Kembali Raih WTP untuk yang Ketujuh Kalinya ...

Bapemperda BU Gelar Rapat Bersama TAPD Bahas Kegiatan Masa Sidang Kedua TA 2024

Bapemperda BU Gelar Rapat Bersama TAPD Bahas Kegiatan Masa...