Beranda DAERAH BENGKULU UTARA Kesbangpol Bengkulu Utara Divertikalkan

Kesbangpol Bengkulu Utara Divertikalkan

0

Bengkulu Utara, kupasbengkulu.com – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) telah direncanakan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menjadi lembaga vertikal. Sehingga, Kesbangpol yang menjadi bagian dari struktur organisasi tata kerja Pemerintah Daerah (Pemda) Bengkulu Utara ini, akan langsung menginduk ke pusat dengan dikepalai oleh pejabat eselon II.

“Pernyataan itu saat kita ke Jakarta, Kemendagri waktu itu memang telah merencanakan akan memvertikalkan Kesbangpol, untuk realisasinya tinggal menunggu UU nya,” kata Kepala Kesbangpol Bengkulu Utara Made Astawa.

Ditambahkannya, saat itu Kemendagri mengatakan, secara lisan UU mengenai vertikal Kesbangpol ini akan dilaksanakan di tahun 2015, sedangkan Peraturan Pemerintah (PP) di tahun 2016 akhir.

Jika PP telah terbit, lanjut dia, maka keputusan tersebut akan langsung bisa ditindak lanjuti dan Kesbangpol resmi vertikal. Dengan adanya rencana vertikalisasi Kesbangpol ini, tentu sangat penting dan strategis, terutama dalam mengamankan kepentingan kebangsaan.

Sebab, terang dia, sejauh ini tupoksi Kesbangpol lebih bersinggungan dengan Kemendagri. Seperti menjaga ideologi bangsa, menjadi pemersatu, menangani konflik, dan bahaya laten yang membahayakan eksistensi NKRI.

“Tugas dan tanggungjawab Kesbangpol tersebut menyangkut dengan kebangsaan, sehingga kita memang bertugas untuk mensosialisasikan 4 pilar kebangsaan, yakni pancasila, undang-undang, Bhineka Tunggal ika dan NKRI,” jelasnya.

Dengan vertikalnya Kesbangpol, tentu tugasnya sebagai pemersatu bangsa akan semakin baik. Karena, dengan vertikalnya Kesabangpol berarti mengefektifkan dan mengoptimalkan tupoksi Kesbangpol.(jon)